Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mudah Lelah di Usia 30-an ? Ini Penyebabnya

Mudah Lelah di Usia 30-an ? Ini Penyebabnya

Jakarta – Saat usia menginjak 30, kita memang belum bisa dikategorikan tua. Namun beberapa orang di usia 30-an mengeluh gampang pegal, capek, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Mudah Lelah di Usia 30-an ? Ini Penyebabnya

Usia 30-an

Dr. Mangatas Manalu selaku spesialis penyakit dalam menjelaskan, terdapat berbagai perubahan di dalam tubuh jelang usia 30-an.

“Pada tubuh ada yang namanya proses anabolisme (membangun sel) dan katabolisme (menghancurkan sel tubuh yang rusak dan membuangnya dari tubuh). Memasuki usia 30-an, kedua proses itu menurun kinerjanya. Jadilah Anda mudah pegel dan capek karena banyak sel yang rusak menumpuk di dalam tubuh,” jelas Dr. Mangatas dalam bincang-bincang di Metro I-Care seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (31/5/2017).

Dr. Mangatas menyatakan, menjaga pola makan dan rajin berolahraga sejak memasuki usia 25 tahun penting dilakukan untuk menghindari keluhan tersebut. Dengan demikian, siklus anabolisme dan katabolisme tetap bekerja secara stabil walaupun umur terus bertambah.

Faktor lain yang tidak jarang dikeluhkan, terutama pada wanita yang memasuki usia 30-an adalah sulitnya menurunkan berat badan.

Dr. Mangatas menambahkan, pada usia tersebut sistem metabolisme memang sudah tidak sebaik saat berusia 20-an.

Baca juga: 6 Olahraga Bagi Penderita Diabetes

“Apalagi massa lemak wanita lebih banyak. Setiap 1 kilogram berat badan, 50 persen terdiri dari massa lemak. Kalau pada pria, cuma 25 persen. Itu juga kenapa wanita cenderung lebih mudah gemuk dibanding pria,” pungkas sang dokter. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Konsumsi 10 Buah Ini Demi Kulit Sehat Bercahaya

Konsumsi 10 Buah Ini Demi Kulit Sehat Bercahaya

Jakarta – Rahasia dari kecantikan kulit sehat bercahaya bukan hanya terletak pada kosmetik yang rutin ...