Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumi Mentah

8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumi Mentah

Jakarta – Walaupun cara mengolah makanan seperti mengukus atau memanggang lebih sehat, tetapi makanan tertentu bisa memberikan lebih banyak vitamin dan mineral saat dimakan mentah.

8 Makanan yang Lebih Sehat Dikonsumi Mentah

Ilustrasi

Seperti dilansir dari liputan6.com, Kamis (12/7/2017), beberapa makanan ini bahkan lebih bergizi jika dikonsumsi mentah. Berikut ulasannya:

1. Bit

Sayuran ini mengandung gula alami dan vitamin A, B dan C serta mineral (potasium, magnesium, besi), juga serat yang jika dikonsumsi rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta memperbaiki sirkulasi darah.

Mengonsumsinya dalam keadaan matang hanya akan menurunkan kadar asam folat hingga 25 persen. Padahal senyawa ini baik untuk otak. Jadi lebih baik konsumsi bit dalam keadaan mentah.

2. Brokoli

Selain mengandung lebih banyak vitamin C, kalsium, potasium, dan nutrisi lainnya daripada hampir semua sayuran lainnya, sayuran ini juga mengandung kadar sulforaphane–senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker serta penyakit kardiovaskular dan auto-imun.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, konsumsi brokoli mentahakan memudahkan penyerapan sulforaphane.

3. Bawang

Bawang mengandung senyawa aktif yang disebut allicin, yang dapat mencegah risiko kanker, mengatasi kecemasan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Namun, ketika ketika bawang dikonsumsi matang, kadar phytonutrisi ini turun dan menjadi lebih sulit untuk diserap. Jadi idealnya, Anda harus menambahkannya pada salad atau jus untuk mendapat manfaatnya.

4. Cabai merah

Sayuran ini mengandung tiga kali nilai vitamin C harian. Cabai juga merupakan sumber vitamin B6, vitamin E, dan magnesium yang hebat. Namun, memasaknya pada suhu tinggi akan membuat mereka kehilangan vitamin C dan nutrisi lainnya.

5. Kacang-kacangan

Meskipun kacang adalah salah satu makanan berkalori tinggi namun makanan ini merupakan sumber penting lemak, protein, dan antioksidan yang sehat. Nutrisi ini mampu menurunkan kolesterol jahat dan membantu masalah sirkulasi serta gangguan sistem kardiovaskular.

Namun, kacang paling baik dimakan mentah karena memberi lebih banyak vitamin dan mineral. Beberapa pilihan kacang yang bisa Anda konsumsi mentah seperti almond, mete, hazel dan kenari.

6. Buah berry

Menambahkan buah berry kering ke sereal dan mengionsumsinya bersama kacang-kacangan telah menjadi tren makan sehat akhir-akhir ini, terutama untuk sarapan dan makanan ringan.

Sayangnya, buah kering tidak memiliki nilai gizi yang sama. Ditambah lagi, terkadang kadar gula dan kalori mereka naik, bahkan sampai tiga kali saat diproses seperti itu.

Karena mereka benar-benar dikeringkan, mereka kehilangan vitamin dan mineral yang larut dalam air yang terkandung dalam keadaan alami mereka.

7. Kelapa

Buah lezat ini jauh lebih bergizi saat dimakan mentah. Kelapa mengandung lemak yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak Anda. Pengolahannya hanya akan membuat buah ini kehilangan sejumlah besar nutrisi.

Baca juga: Amankah Mengganti Nasi dengan Buah ?

8. Bawang putih

Bawang putih kaya akan allicin dan antioksidan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsinya mentah menurunkan risiko kanker paru-paru. Sebaliknya, setiap proses memasak bisa menghancurkan hingga 90% vitamin dan mineralnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...