Home > Otomotif > Mobil > Begini Cara Mematikan Mobil Yang Benar Agar Komponen Mesin Tidak Cepat Aus

Begini Cara Mematikan Mobil Yang Benar Agar Komponen Mesin Tidak Cepat Aus

Jakarta – Bagi para pemilik mobil, kebiasaan mematikan mesin mobil yang salah dapat menyebabkan komponen mesin cepat aus dan pendek umurnya. Memang hal ini kecil, namun bila secara terus menerus dapat merugikan mesin mobil.

Begini Cara Mematikan Mobil Yang Benar Agar Komponen Mesin Tidak Cepat Aus

Mematikan mesin mobil dengan cara yang tidak tepat memang tidak akan langsung dirasakan, tapi akan berbeda ceritanya bila dilakukan secara berulang-ulang karena telah menjadi kebiasaan di pemilik mobil.

“Komponen mesin akan cepat mengalami keausan. Jika begitu usia mesin akan berkurang dari semestinya, jadi sangat merugikan,” kata salah seorang pegawai Bengkel Plaza Toyota Pemuda Jakarta Timur.

Bila akan mematikan mesin, sebaiknya tunggulah beberapa saat hingga putaran mesin (rpm) mobil rendah (idle). Jangan langsung mematikan mobil saat rpm masih tinggi kecuali dalam kondisi darurat.

Pastikan pula komponen lain dalam mobil sudah dalam keadaan mati seperti AC, sistem audio, dan lampu-lampu.

Hindari kebiasaan menggeber mesin mobil dalam kondisi diam sebelum dimatikan karena saat putaran tinggi, mesin butuh pelumasan yang lebih, ketika mesin dimatikan tiba-tiba, maka tekanan untuk pelumasan mobil akan berkurang drastis. Padahal mesin masih dalam kondisi panas, yang harusnya masih membutuhkan sistem pelumasan.

“Pasalnya saat panas, kondisi komponen masih dalam temperatur tinggi dan posisi juga masih mengembang. Saat mesin dimatikan, otomatis supply pelumasan juga berhenti, akibatnya dinding dinding yang bersentuhan, seperti pada silinder akan lebih cepat aus,” katanya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

VW Akan Tarik 281 Ribu Unitnya dari Amerika Serikat, Ada Apa?

VW Akan Tarik 281 Ribu Unitnya dari Amerika Serikat, Ada Apa?

Jakarta – Volkswagen (VW) memutuskan akan menarik 281 ribu unit kendaraannya di Amerika Serikat (AS) ...