Home > Ragam Berita > Nasional > Terkesan Dengan Liburannya Di Indonesia, Barrack Obama Katakan Ini Di Kongres Diaspora

Terkesan Dengan Liburannya Di Indonesia, Barrack Obama Katakan Ini Di Kongres Diaspora

Jakarta – Sepertinya, Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama benar-benar merasa terkesan dengan liburannya bersama keluarga di Indonesia. Obama pun menuturkan kesannya tentang liburan di Indonesia secara lugas, jujur dan tulus.

Terkesan Dengan Liburannya Di Indonesia, Barrack Obama Katakan Ini Di Kongres Diaspora

Barrack Obama Ketika Menjadi Pembicara Dalam Kongres Diaspora Indonesia

Berpidato pada Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, pada Sabtu (1/7/2017), Obama secara gamblang berbicara tentang betapa indahnya Indonesia. Ia mengakui bahwa dirinya dan keluarga sangat menikmati liburan di Bali dan Yogyakarta dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Di depan ribuan peserta Kongres Diaspora Indonesia di hall Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Obama mengungkapkan kesannya. Ribuan diaspora Indonesia yang berasal dari Amerika Serikat, China, Meksiko, Jerman, Suriname, Qatar, Oman, Brunei Darusalam, Prancis, Belanda dan Myanmar dengan saksama mendengarkan 30 menit pidato Obama yang ketika itu mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dengan kemeja putih.

Dalam pidatonya, Obama tak jarang membagi pengalamannya ketika berwisata ke Candi Borobudur yang megah. Menurutnya, keberadaan candi Buddha terbesar di dunia tersebut adalah salah satu bukti tingginya toleransi di Indonesia.

“Dan ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, di tengah negara muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi. Dan itu juga terlihat dari gereja dan mesjid yang bersebelahan,” kata Obama yang disambut dengan tepuk tangan meriah hadirin.

Obama juga menceritakan pengalamannya berwisata ke Bali dan Yogyakarta, dan menyebut Indonesia sebagai “bagian dari diri saya”. Seperti diketahui, Obama selama ini memang dikenal memiliki kedekatan dengan Indonesia, karena sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta. Dirinya pernah berjanji setelah jabatannya usai, negara Asia pertama yang dikunjungi adalah Indonesia.

Baca Juga : Ibu Ini Ajak Anak dan Menantunya Ngutil Pakaian di Mall

“Saya bilang ke Presiden Jokowi, negara Asia yang akan saya kunjungi pertama kali setelah tidak lagi menjabat Presiden adalah Indonesia. Itu karena saya percaya dengan masa depan negeri ini,” kata Obama.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Berharap LRT Melintas di Tanah Abang

Sandiaga Uno Berharap LRT Melintas di Tanah Abang

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin kawasan Tanah Abang dilintasi moda transportasi ...