Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Penelitian, Jomblo Lebih Berbahaya Dari Obesitas

Penelitian, Jomblo Lebih Berbahaya Dari Obesitas

Jakarta – Obesitas memang penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Tapi ketahuilah, dengan hidup menjomblo justru lebih mematikan dari penyakit ini. Benarkah demikian?

Penelitian, Jomblo Lebih Berbahaya Dari Obesitas

Penelitian terbaru menyatakan bahwa ada yang lebih mematikan dibandingkan obesitas yakni patah hati alias ketika seseorang terpaksa menjadi jomblo.

Para peneliti menemukan bahwa isolasi sosial bisa meningkatkan resiko kematian seseorang. Mereka juga meniliti untuk mencari jawaban apakah kesendirian atau perasaan terisolasi itu meningkatkan resiko kematian ataukah kematian disebabkan oleh kurangnya dukungan sosial yang meningkatkan semangat hidup mereka yang tengah patah hati.

Dr Julianne Holt-Lunstad, profesor psikologi di Universitas Brigham Young, menjelaskan, terhubung secara sosial dengan orang lain merupakan kebutuhan paling mendasar dari manusia. Ini hal yang paling penting.

Menurutnya, tak terhubung atau tak berhubungan dengan orang lain memang menjadi hukuman paling berat bagi manusia sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu, hukuman semisal penjara merupakan bentuk dari isolasi sosial.

Baca juga: Kartu Jakarta Jomblo, Pengamat : “Kurang Kerjaan, Tidak Mutu”

Ia juga menyatakan, terdapat bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian dapat meningkatkan risiko kematian dini secara signifikan, dan besarnya risiko bahkan melebihi resiko kematian akibat diabetes. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135