Home > Ragam Berita > Nasional > Dirut Ancol Beberkan Alasan Tidak Bisa Diberlakukannya Tiket Gratis

Dirut Ancol Beberkan Alasan Tidak Bisa Diberlakukannya Tiket Gratis

Jakarta – Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana mengatakan belum bisa memberikan akses masuk pantai Ancol gratis kepada publik. Sebab bakal ada sejumlah masalah yang muncul apabilan keinginan itu ingin diwujudkan.

Dirut Ancol Beberkan Alasan Tidak Bisa Diberlakukannya Tiket Gratis

“Selain masalah keuangan, yang bisa timbul adalah masalah hukum,” ujar Paul di kawasan Ancol Barat, Jakarta Utara, Kamis (12/10/2017).

“Karena Ancol adalah perusahaan Tbk (terbuka), ada rambu-rambu yang harus kami ikuti,” tutupnya.

Paul mengatakan, dengan status perusahaan terbuka, manajemen Ancol harus memperhatikan kepentingan pemegang saham. Dampak finansial pasti muncul jika akses masuk gratis itu diberlakukan. Ujungnya, kinerja manajemen menjadi buruk.

Pertimbangan tersebut harus disampaikan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Apalagi sejak pertama kali dikelola PT Pembangunan Jaya Ancol, pihaknya tidak pernah menggratiskan pengunjung. “Di mana-mana pantai bayar kok, walaupun pantai alam. Apalagi ini bukan pantai alam,” ujar Paul.

Baca juga: Tito Karnavian Imbau Tokoh Tolikara Redam Emosi Terkait Masalah Sengketa Pilkada

Paul menambahkan, masalah sosial dan keamanan mungkin akan timbul setelah masyarakat bebas masuk Pantai Ancol secara cuma-cuma. Padahal pengelola dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. “Masalahnya semua itu membutuhkan banyak biaya,” katanya.

Gubernur Djarot Saiful Hidayat pernah mengusulkan agar masuk Ancol gratis itu dikompensasikan dengan menaikan tarif parkir. Namun menurut perhitungan Paul, sistem itu tetap tidak mampu menutupi biaya operasional. “Tetap tidak mungkin untuk meng-cover cost-nya Ancol,” kata dia.

“Banyak biayanya, mulai perawatan, gedung semuanya lah,” tutupnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Amankan 100 Orang Gila, Pihak Polres Bogor Buka Suara

Amankan 100 Orang Gila, Pihak Polres Bogor Buka Suara

Bogor – Pihak Kepolisian Resor (Polres) Bogor diketahui telah melakukan pengamanan terhadap orang dengan gangguan ...