Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Enggan Pikirkan Investasi Yang Dikeluarkan Pengembang Terkait Proyek Reklamasi

Anies Enggan Pikirkan Investasi Yang Dikeluarkan Pengembang Terkait Proyek Reklamasi

Jakarta – Konflik pengembangan pulau reklamasi terus saja bergulir dengan deras. Terkait hal tersebut, Anies selaku Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan bahwa dirinya enggan pikirkan investasi yang sudah dikeluarkan oleh pengembang terkait proyek reklamasi tersebut.

Anies Enggan Pikirkan Investasi Yang Dikeluarkan Pengembang Terkait Proyek Reklamasi

Anies Enggan Pikirkan Investasi Yang Dikeluarkan Pengembang Terkait Proyek Reklamasi

Anies juga menyebutkan bahwa pengembang proyek reklamasi sebagai pelanggar karena banyaknya aturan yang telah dilanggar. Anies tak merinci jenis pelanggaran yang dimaksud. Namun belakangan ini, dia sedang menyoroti maladministrasi dalam proses penerbitan hak guna bangunan di tiga pulau reklamasi, yaitu Pulau C, D, dan G.

“Anda (pengembang) melanggar sambil menyumbang, terus minta pelanggaran itu dibenarkan. Tidak. Pelanggaran, ya pelanggaran,” tegas Anies di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (16/01/2018).

“Kami konsentrasi pada HGB saja dulu. Kami bereskan HGB kita tunjukkan bahwa ada cacat administrasi. Kami ingin menunjukkan pemerintah sekarang tertib adminstrasi,” kata Anies.

Baca juga : Anies Akan Kembalikan Uang Pengembang Pulau Reklamasi Tanpa Menggunakan APBD

Anies sebelumnya telah mengirim surat kepada Kementerian ATR/BPN pada 29 Desember 2017. Surat itu berisi permintaan untuk membatalkan HGB di tiga pulau reklamasi. Namun, Kementerian ATR/BPN menolak permohonan Anies. Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengatakan, HGB yang telah dikeluarkan tidak bisa ditarik kembali agar tidak terjadi ketidakpastian hukum.

“HGB itu telah ditetapkan di atas Hak Pengelolaan (HPL) dan telah sesuai dengan ketentuan administrasi pertanahan yang berlaku,” ujar Sofyan, pekan lalu.

Menurutnya, jika tidak sepakat dengan keputusan Kementerian Agraria, maka Pemprov DKI Jakarta bisa membawa persoalan ini ke PTUN dan/atau Perdata.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Jakarta – Muhammad Gatot Saptono alias Muhammad Al Khaththath selaku Sekjen Forum Umat Islam (FUI) ...