Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Aktivitas yang Bisa Bikin Tulang Belakang Sakit

Inilah Beberapa Aktivitas yang Bisa Bikin Tulang Belakang Sakit

Jakarta – Aktivitas sehari-hari terkadang tanpa disadari dapat mengganggu pertumbuhan tulang belakang anda. Tidak cuma bungkuk, berbagai masalah kesehatan juga bisa dialami jika memiliki masalah di tulang belakang.

Inilah Beberapa Aktivitas yang Bisa Bikin Tulang Belakang Sakit

Dilansir dari Bright Side, terdapat beberapa aktivitas sepele yang biasa kita lakukan sehari-hari ini justru bisa jadi penyebabnya lho.

1. Memakai Ransel
Tas ransel memang jadi favorit kita untuk membawa barang selama beraktivitas. Tapi kadang kita nggak menggunakannya dengan cara yang benar. Padahal tas ransel memang di desain untuk di pakai ke dua sisi punggung.
Sebaiknya, pilihlah tas ransel yang tali lebar dan lembut agar nyaman di pakai. Selain itu, hai ini juga bisa membantu menurunkan tekanan pada leher dan tulang belakang.

2. Menyikat Gigi
Kebiasaan menyikat gigi yang salah juga bisa membuat tulang belakangmu bermasalah. Apalagi kalau kamu selalu menyikat gigi dengan membungkuk di depan westafel.

Hal itu dikarenakan kita sudah berjalan dan berdiri selama berjam-jam setiap hari dan membuat tulang belakang lelah. Daripada membungkukan badan, sebaiknya kamu menyenderkan salah satu tangan di dinding untuk menjaga tubuh tetap tegak saat sikat gigi.

3. Mencuci piring
Cuci piring ternyata bisa menyebabkan tulang punggung bermasalah. Nggak hanya membungkuk, kita cenderung mencuci piring dengan lengan yang dalam kondisi tegang. Agar sedikit rileks, gunakanlah kursi sebagai tumpuan salah satu kakimu.

4. Membawa Kantong Belanjaan
Setelah berbelanja, kalian pasti harus membawa belanjaan yang cukup berat. Agar praktis, kalian biasanya membawa dalam satu kantong plastik saja. Padahal hal itu bisa membahayakan tulang belakangmu lho.

Sebaiknya kalian menggunakan dua kantong berbeda untuk membawa beban belanjaan. Dengan begitu jalan kalian akan lebih mudah dan seimbang. Berat maksimum yang dibawa wanita adalah 2 kg sedangkan untuk pria 5 kg.

5. Mengepel Lantai
Siapa sangka kalau mengepel lantai yang biasa kita lakukan sehari-hari juga bisa berdampak buruk buat kesehatan tulang belakang. Apalagi kalau kamu mengepel dengan kain. Sebaiknya, gunakan pel dengan tongkat agar kalian tak membungkuk.

6. Memakai Sepatu
Memakai sepatu tentu jadi hal yang biasa kalian lakukan sehari-hari. Tapi kalau salah melakukannya, justru bisa berdampak buruk buat kesehatan. Daripada membungkuk, sebaiknya memakai sepatu dengan duduk di kursi.

7. Memperbaiki Mobil
Saat memperbaiki mobil, kalian pasti harus menunduk. Apalagi kalau masalah terjadi di bagian roda mobil. Tapi hal itu bisa membuatmu sakit punggung bahkan merubah struktur tulang belakang. Lebih baik duduk atau menggunakan kursi saat memperbaiki mesinnya.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kekurangan Vitamin saat Berpuasa Bisa Timbulkan Beberapa Penyakit

Kekurangan Vitamin saat Berpuasa Bisa Timbulkan Beberapa Penyakit

Jakarta – Tubuh yang kurang vitamin saat puasa, umumnya akan menimbulkan gejala tertentu. Gejala defisiensi ...