Home > Ragam Berita > Nasional > Lukman Hakim Minta Pemuka Agama Sebarkan Kasih Sayang di Tengah Kemajemukan Bangsa

Lukman Hakim Minta Pemuka Agama Sebarkan Kasih Sayang di Tengah Kemajemukan Bangsa

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap rangkaian peristiwa terorisme belakangan ini harus dijawab dengan penyebaran ajaran Islam yang damai dan penuh kasih sayang.

Lukman Hakim Minta Pemuka Agama Sebarkan Kasih Sayang di Tengah Kemajemukan Bangsa

Menteri Agama Lukman Hakim

Karena itu, ia meminta bagi para ulama, ustadz, kiai dan pimpinan ormas Islam untuk menyebarkan kebaikan di tengah kemajemukan bangsa. “Menjadi tantangan bagi para ulama, mubaligh, kiai, pimpinan ormas keagamaan dan kita semua, dan kami di Kemenag untuk semakin proaktif menjelaskan esensi ajaran islam,” ujar Lukman dalam konferensi pers di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Islam, kata Lukman, memuat ajaran kasih sayang bagi segenap alam semesta. Oleh karena itu, penting bagi seluruh pihak menjaga makna kebersamaan dan kemajemukan yang menjadi ciri khas Indonesia.

“Pemuka agama lebih khusus lagi para mubaligh dalam menyampaikan dakwah-dakwahnya, menyampaikan syiar mengedepankan sisi-sisi Islam yang penuh dengan kasih sayang dan kedamaian yang mampu memberikan kemaslahatan dan manfaat bagi segenap umat manusia,” katanya.

Baca juga: IKAPMII : Lemahnya UU Terorisme Jadi Faktor Kegegalan Aparat

Lukman menegaskan, rangkaian aksi teror yang terjadi belakangan ini sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai agama manapun, termasuk Islam. Karena itu, Lukman ingin agama tak disalahgunakan untuk merendahkan bahkan meniadakan pihak lain.

“Justru bukan agama yang disalahpahami, dieksploitasi sehingga relasi kehidupan antarsesama umat manusia di tengah kemajemukan justru saling menegasikan, merendahkan bahkan saling meniadakan satu sama lain. Ini sesuatu yang harus kita hindari,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BKN Ancam PNS Penyebar Kebencian Dengan Sanksi Berat

BKN Ancam PNS Penyebar Kebencian Dengan Sanksi Berat

Jakarta – Aksi penyebaran kebencian yang terjadi di media sosial semakin marak dilakukan seiring berjalannya ...