Home > Teknologi > Kominfo Sudah non Aktifkan Ribuan Akun Sejak Teror Bom di Surabaya

Kominfo Sudah non Aktifkan Ribuan Akun Sejak Teror Bom di Surabaya

Jakarta – Terkait insiden teror bom di Surabaya beberapa hari lalu, akhirnya Kominfo mencatat telah memblokir 1.285 akun media sosial.

Kominfo Sudah non Aktifkan Ribuan Akun Sejak Teror Bom di Surabaya

Donny BU selaku Staff Ahli Kominfo mengatakan ribuan akun tersebut telah diblokir dari 13-16 Mei 2018. Dijabarkan olehnya, dari situs, forum dan file sharing terblokir 22 konten. Sedangkan, Facebook dan Instagram 562 akun, Twitter 113 akun, Telegram 113 channel. Bahkan, YouTube Dan Google Drive 301 akun.

“Sesungguhnya, proses yang sudah dilakukan oleh kami jauh-jauh hari dilakukan terus-menerus dan saat kejadian lebih diintensifkan dan dipercepat prosesnya,” jelasnya.

“Isinya dengan melakukan literasi digital, kami lakukan untuk menghindari paham radikal,” jelasnya.

“Sekitar dua tahun yang lalu tanpa sengaja saya bersama teman-teman tim sedang masuk ke youtube. Tiba-tiba ada video yang baru di-upload. Menurut saya bagus sekali. Judulnya, “Ayahku Teladanku”. Kami sempat download,” terangnya.

Dirinya menilai bahwa video dokumenter tersebut bagus karena digarap secara profesional sinematografinya. Di video tersebur itu diawali sekumpulan anak yang tengah latihan baris-berbaris dan latihan bela diri.

“Ternyata, ini video ISIS. Menariknya, sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya. Di film itu, seorang anak memberikan testimoni, ‘saya mengikuti teladan ayahku, ayahku dibunuh oleh kafir dan sekarang saya harus membunuh kaum kafir’,” jelas Donny mengutip kalimat dalam video tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – hariaindo.com)

x

Check Also

Sekjen Demokrat Tegaskan TGB Punya Posisi Penting di Partai

Sekjen Demokrat Tegaskan TGB Punya Posisi Penting di Partai

Jakarta – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menuai ...