Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengatakan partainya masih belum menentukan calon presiden yang akan diusung pada pilpres 2019. “Saat ini Demokrat tak punya calon presiden,” ujar SBY kepada awak media di rumahnya di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

SBY Tegaskan Partainya Belum Tentukan Calon untuk Pilpres 2019

SBY

SBY menuturkan penggodokan capres dan cawapres yang akan diusung Demokrat tengah ditentukan. Hal itu, kata dia, juga dibahas dalam sidang majelis tinggi Demokrat kemarin. “Kami membahas dengan sangat serius kemarin. Opsi yang ada, kriteria yang kami pilih, mekanisme, sampai dengan Demokrat mengusung capres A cawapres B,” katanya.

Dalam sidang majelis tinggi kemarin, kata SBY, Demokrat juga menjaring suara dari para pimpinan cabang, daerah, serta pusat. Menurut dia, Demokrat akan menentukan usungan capres berdasarkan kriteria harapan rakyat. “Jadi mudah-mudahan segera bisa kami putuskan, tetapi politik saat ini masih sangat cair dan dinamis,” ucapnya.

Demokrat sampai sekarang belum menentukan ke arah mana akan berkoalisi. Hingga saat ini, diketahui baru ada dua koalisi yang sudah memantapkan diri untuk pilpres 2019.

Baca juga: Jokowi Bakal Dapat Dukungan dari Solidaritas Ulama Muda Dalam Pilpres 2019

Koalisi pertama yaitu kubu pemerintah yang mendukung calon inkumben Presiden Joko Widodo terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Hanura, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Di kubu oposisi, koalisi berisikan Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Beberapa partai yang belum menentukan sikap salah satunya Partai Demokrat serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Berkarya. PAN digadang-gadang akan berlabuh di kubu oposisi, sedangkan PKB akan bertengger di kubu pemerintah. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)