Jakarta – Amien Rais melontarkan pujian kepada Presiden Terpilih Joko Widodo. Menurut Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, Jokowi merupakan seorang figur yang memahami sistem demokrasi. Ujaran tersebut muncul karena dalam kesempatan sebelumnya, Jokowi menggarisbawahi pentingnya peran oposisi di dalam demokrasi.

“Pak Jokowi itu mudeng (paham, red) demokrasi,” kata Amien pada Senin (15/07/2019).

Selain itu, Amien juga sempat menyindir sejumlah pihak yang ingin menyeberang ke koalisi pemerintahan. Menurutnya, langkah tersebut terasa tak lazim. Terlebih sebelumnya tidak ada tawaran dari Jokowi.

“Buat apa, yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tetapi ada yang minta-minta. Itu kan aib,” ujar Amien.

Baca Juga: Novel Bamukmin Klaim Dirinya Telah Dipecat BPN

Ia pun menyambung ucapannya dengan perihal posisi PAN. Amien secara tegas meminta agar arah politik PAN tetaplah di barisan oposisi.

Dalam pidatonya sebagai pemenang Pilpres 2019 di Sentul International Convention Center (ISCC), Bogor, Jawa Barat, Jokowi menyebut bahwa oposisi merupakan peran yang mulia di dalam demokrasi. Jokowi juga sempat menyebut militansi dukungan untuk seorang figur merupakan hal yang lazim.

“Dalam demokrasi, mendukung mati-matian seorang kandidat itu boleh. Mendukung dengan militansi yang tinggi itu juga boleh. Menjadi oposisi itu juga sangat mulia. Silakan,” kata Jokowi pada Minggu (14/07/2019). (Elhas-harianindo.com)