Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspadai Obat Pelangsing Karena Bisa Merusak Paru-Paru

Waspadai Obat Pelangsing Karena Bisa Merusak Paru-Paru

Jakarta – Wanita manapun pasti mendambakan perut yang rata. Tetapi, usaha untuk mengecilkan perut seringkali dilakukan dengan cara instan seperti minum obat pelangsing tanpa dibarengi olahraga yang cukup dan makan makanan sehat.

Waspadai Obat Pelangsing Karena Bisa Merusak Paru-Paru

Obat Pelangsing

Langkah tersebut tidaklah benar. Bahkan dapat memicu penyakit hipertensi paru apabila diminum dalam jangka waktu yang lama.

“Obat (pelangsing) yang memiliki kandungan keras dapat merusak paru-paru,” ungkap Dr Bambang Budi Siswanto, pakar hipertensi paru, spesialis jantung, dan pembuluh darah dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Hipertensi paru adalah jenis penyakit yang ditandai dengan kenaikan tekanan darah pada arteri paru-paru sehingga menyebabkan kerusakan jaringan paru. Konsumsi obat pelangsing dan obat-obatan terlarang adalah satu dari beberapa faktor penyebab penyakit ini.

Faktor lain adalah disebabkan oleh engaruh genetik, mengidap penyakit jantung bawaan, penyakit infeksi seperti HIV, dan adanya penggumpalan darah di paru.

Hipertensi paru lebih banyak diderita oleh kaum hawa dibandingkan dengan kaum adam, dengan perbandingan 2:1. Dr Bambang menjelaskan, hal tersebut kemungkinan karena pengaruh hormonal.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Kenali Kode dan Lambang Obat Berikut Ini

“Pengentalan darah (yang menjadi penyebab hipertensi paru) juga sering terjadi karena hormonal,” pungkas Dr. Bambang. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Tanda Gagal Ginjal yang Kerap Tidak Disadari

Inilah Beberapa Tanda Gagal Ginjal yang Kerap Tidak Disadari

Jakarta – Salah satu penyakit yang tidak banyak disadari gejalanya adalah gagal ginjal. Karenanya, penyakit ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis