Hamburg – Kualifikasi Piala Euro 2020 bakal mempertemukan Jerman melawan Belanda. Laga di matchday kelima tersebut akan berlangsung di Stadion Volksparkstadion pada Sabtu (07/09/2019) pukul 01.45 WIB.

Berdasarkan klasemen sementara di Grup C, Jerman berada di peringkat kedua dengan perolehan 9 poin. Sementara Belanda berada di urutan ketiga dan masih mengantongi 3 poin. Pertandingan lusa akan dipastikan sengit, mengingat rivalitas antara dua tim dan ambisi mereka untuk lolos Euro 2020.

Jerman rupanya masih terbayang-bayang kegagalan di masa lalu. Mereka gagal di fase grup Piala Dunia 2018. Selain itu, Die Mannschaft juga harus terdegradasi ke Liga B setelah gagal di fase grup UEFA Nations League.

Meski demikian, Jerman dalam kualifikasi Euro 2020 bisa bermain dengan bagus. Dalam tiga laga yang mereka lakoni di Grup C, Jerman berhasil meraih kemenangan. Terakhir, Jerman mengagahi Estonia dengan delapan gol tanpa balas.

Masalah yang dihadapi oleh Belanda tak kalah pelik. Mereka baru saja gagal di babak final UEFA Nations League, dikalahkan Portugal dengan skor 1-0. Dalam kualifikasi Euro 2020, Oranje baru bermain dua laga, itupun dengan hasil yang tak cemerlang. Sempat menang atas Belarusia dengan skor 4-0, Belanda kemudian ditaklukkan oleh Jerman dengan hasil akhir 2-3.

Pertemuan kembali dengan Jerman membuat Belanda harus putar otak demi mengubah nasib. Tak hanya menanggung kekalahan sebelumnya, Belanda memiliki catatan laga tandang yang buruk. Kemenangan terakhir mereka di pertandingan away pada Maret 2018.

Menilik lima pertandingan head-to-head terakhir antara Jerman kontra Belanda, Die Mannschaft berhasil menang dua kali. Sementara Oranje hanya pernah menang sekali. Dua laga sisanya berakhir imbang. (Elhas-harianindo.com)