Home > Travel & Kuliner > 5 Hidangan Paling Istimewa Saat Natal Dan Tahun Baru

5 Hidangan Paling Istimewa Saat Natal Dan Tahun Baru

5 Hidangan Paling Istimewa Saat Natal Dan Tahun BaruJakarta – Perayaan Natal yang diperingati oleh umat Kristiani setiap tanggal 25 Desember biasanya menjadi sebuah momen untuk berkumpul bersama kerabat dan keluarga besar.

Karena itulah jangan heran jika setiap tahunnya selalu akan ada menu istimewa yang dihidangkan untuk disantap bersama. Menu tersebut menjadi andalan karena hanya dihidangkan satu kali dalam setahun.

Dari sekian banyak resep masakan Natal dan Tahun Baru, berikut ini telah dipilih 5 masakan istimewa dari berbagai penjuru dunia yang menjadi masakan khas saat Natal.

Pesta Tujuh Jenis Ikan (Sisilia, Italia)
Dalam tradisi Sisilia, “Pesta Tujuh Jenis Ikan” mengarah pada tujuh jenis hidangan makanan laut. Jumlah dan jenis ikan yang dimakan di daerah selatan Italia saat ini bervariasi, namun yang terpenting adalah hidangan ikan yang tersaji pada malam Natal. Ide awalnya menyajikan tujuh hidangan untuk mengaitkan dengan jumlah sakramen atau hari yang diperlukan Tuhan untuk menciptakan dunia.

Riisipuuro (Finlandia)
Secara tradisional, riisspuuro dimakan pada pagi hari Natal atau bahkan sepanjang pagi di bulan Desember. Riisipuuro adalah bubur yang dibuat dengan memasak nasi dalam susu, mirip dengan puding beras pada umumnya. Biasanya disajikan dengan kayu manis, mentega, dan susu atau sup yang terbuat dari buah plum kering. Dalam tradisi Natal di Finlandia, biasanya bubur ditambahkan almond saat dimasak dan siapapun yang mendapat kacang almond saat menyantap riisipuuro dapat membuat keinginan. Ada juga yang percaya jika berhasil melihatnya, maka dia akan menikah dalam waktu dekat.

Sarmale (Rumania)
Ini adalah stuffed berisi kubis yang digulung dan menjadi hidangan untuk dinikmati sepanjang tahun di Rumania. Menu ini begitu populer saat musim liburan seperti Natal dan Paskah. Gulungan kubis rebus ini secara tradisional terdiri dari daging babi, daging sapi, dan beras yang direbus dalam saus tomat. Makanan yang serupa bisa ditemukan di Balkan dan Eropa Tengah.

Jansson’s Frestelse (Swedia)
Cassarole kentang yang creamy ini dibuat dengan tambahan bawang bombay, dan ikan teri. Menjadi lauk yang begitu populer disajikan saat Natal di Swedia. Nama Jansson sendiri tidak begitu jelas mengarah pada siapa, kemungkinan besar seorang penyanyi opera pada abad ke-19 atau karakter dalam film pada abad ke-20 awal di Swedia. Yang jelas, pada resep-resep terjemahan bahasa Inggris, biasanya hidangan ini terbuat dari ikan asin, khusunya sprat atau disebut ansjovis di Swedia.

Yebeg Wot (Ethiopia)
Di Ethiopia, petani sering membeli anak domba sebelum Natal. Anak domba ini akan diternakkan sehingga memiliki tubuh yang gemuk sebelum disembelih dan diolah menjadi semur kental dan berlemak. Semur dibumbui dengan rempah-rempah berbere dan makanan ini sering disajikan dengan injera yaitu roti datar khas Ethiopia. (Dwi Kristyowati – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ekowisata Boon Pring, Daya Tarik Wisata Baru di Kaki Gunung Semeru

Ekowisata Boon Pring, Daya Tarik Wisata Baru di Kaki Gunung Semeru

Malang – Kabupaten Malang dan sekitarnya sepertinya tidak pernah kehabisan spot baru untuk digunakan sebagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis