Home > Ragam Berita > Internasional > Tiongkok Kembali Selenggarakan Latihan Perang di Pasifik Barat

Tiongkok Kembali Selenggarakan Latihan Perang di Pasifik Barat

Beijing – Di tengah ketegangan dengan Taiwan, kapal induk Tiongkok akan menggelar latihan perang rutin di Pasifik Barat. Langkah ini akan menjadi latihan militer pertama yang digelar jauh dari perairan Tiongkok.

Tiongkok Kembali Selenggarakan Latihan Perang di Pasifik Barat

Angkatan Laut (AL) China mengatakan, kapal induk Liaoning bersama pesawat lainnya akan menggelar “latihan di laut yang jauh” tanpa memberi tahu lokasi atau rute pastinya. “Latihan ini dijalankan sesuai rencana tahunan,” kata angkatan lalu.

Sebaagaimana diberitakan laman depan harian milik Tentara Pembebasan Rakyat pada Minggu (25/12/2016), Militer China telah menggelar latihan menggunakan kapal induk dan tentara di Laut Bohai dekat Korea, dan Laut Tiongkok Timur sekitar bulan ini.

Angkatan Laut menyiarkan foto latihannya di Laut Tiongkok Selatan dalam laman resmi. Latihan itu mengikutsertakan jet tempur J-15, dan turut diawasi kepala staf AL Wu Shengli. Mereka terlihat melakukan uji coba isi bahan bakar dan latihan tempur di udara, kata AL.

Besarnya kekuatan militer Tiongkok di perairan sengketa, khususnya di Laut Tiongkok Selatan membuat banyak pihak khawatir.

Alhasil, Amerika Serikat kerap menggelar patroli udara dan air untuk memastikan kebebasan berlayar di perairan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Menjaga Citra Islam, Masjid Dilarang Pakai Pengeras Untuk Khotbah

Selangor – Sharafuddin Idris Shah selaku Sultan Selangor belum lama ini perintahkan agar semua masjid ...