Mexico City – Semakin parahnya polusi udara yang terjadi, khususnya, di kota-kota besar, akibat asap kendaraan membuat empat kota metropolitan ini memutuskan untuk melarang kendaraan bermesin diesel beroperasi di jalanan pada 2025 mendatang.

Empat Kota Ini Bakal Melarang Mobil Diesel Berkeliaran di Jalan, Kota di Indonesia Termasuk?

Empat kota tersebut yaitu Paris, Madrid, Mexico City, dan Athena.

Dalam pertemuan para Wali Kota C40 di Mexico City beberapa waktu lalu, keempat kota ini sepakat untuk mendesak para produsen otomotif untuk menyesuaikan diri, serta memberikan insentif bagi warga yang mau berjalan, bersepeda, atau menggunakan mobil berbahan bakar alternatif.

Seperti diketahui, mobil berbahan bakar diesel selain mengeluarkan karbondioksida, juga mengeluarkan partikel-partikel kecil yang membawa efek buruk terhadap kualitas udara di perkotaan.

“Bukan rahasia lagi bahwa di Mexico City kami berkutat dengan dua masalah identik, polusi udara dan kemacetan,” kata Wali Kota Mexico City Miguel Angel Mancera.

Sementara itu, Wali Kota Athena Giorgos Kaminis mempunyai mimpi untuk menghilangkan satu persatu mobil di Kota Athena.

Sedangkan Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, mengajak para produsen mobil untuk menganggap polusi udara adalah masalah yang sangat serius.

“Hari ini, kami berdiri dan mengatakan tidak akan menoleransi polusi udara dan masalah kesehatan serta kematian yang disebabkan olehnya terhadap penduduk yang rentan. Masalah besar seperti polusi udara ini membutuhkan tindakan besar dan kami menyerukan kepada produsen mobil dan bus untuk bergabung bersama kami,” tegas dia.
(samsul arifin – harianindo.com)