Home > Ragam Berita > Internasional > Inilah Alasan Gambia Memiliki Dua Presiden

Inilah Alasan Gambia Memiliki Dua Presiden

Banjul – Situasi politik di Gambia makin memanas setelah Presiden Yahya Jammeh enggan mundur dari jabatannya. Negara terkecil di Afrika itu kini punya dua pucuk kepemimpinan saat hari ini presiden terpilih Adama Barrow akan dilantik di kedutaan besar negaranya di Dakar, Senegal.

Inilah Alasan Gambia Memiliki Dua Presiden

Presiden Yahya Jammeh tidak mau mundur dari jabatan

“Pelantikannya akan dilaksanakan di Kedutaan Besar Gambia di Dakar, mereka mengubah tempatnya, pukul 16.00 (16.00 GMT),” kata juru bicaranya Halifa Sallah sebagimana diberitakan AFP pada Kamis (19/1/2017).

Sebelumnya, penyelenggara pelantikan presiden merencanakan upacara besar di sebuah stadion di dekat ibu kota Gambia, Banjul. Namun, mereka terpaksa mengubah rencana karena krisis politik yang terjadi karena Yahya Jammeh menolak lengser setelah pemilu 1 Desember yang hasilnya disengketakan.

Jammeh, yang sudah berkuasa selama 22 tahun dan yang mandatnya berakhir pada tengah malam (00.00 GMT), berupaya menghalangi pelantikan tersebut dengan sebuah putusan pengadilan dan menyatakan status darurat.

Barrow berada di Senegal sampai bisa kembali dengan selamat ke negaranya, dan tentara Senegal yang didukung pasukan dan pesawat tempur Nigeria berkumpul di perbatasan Gambia.

Pemimpin militer Gambia menegaskan bahwa tentaranya tidak akan terlibat dalam “sengketa politik” atau mencegah pasukan asing memasuki wilayah negara Afrika Barat itu.

Sementara itu, Warga Gambia dan turis dievakuasi dari Bandara Banjul, ibukota Gambia, saat tentara Senegal akan menyeberangi perbatasan jika presiden petahana Yahya Jammeh tidak juga mundur dari kursi kepresidenan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Alasan CEO Facebook Menuntut Ratusan Warga Hawaii

Honolulu – Mark Zuckerberg punya tanah luas di Hawaii. Berada di Kauai, tanah tersebut besarnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis