Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis dan Tidak Alot

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis dan Tidak Alot

Jakarta – Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang banyak digemari selain udang, kepiting, atau lobster. Harganya yang tidak terlalu mahal dibandingkan dengan seafood yang lainnya membuat cumi sering menjadi bahan sajian sehari-hari.

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Amis dan Tidak Alot

Namun bagi para ibu, tentu pernah mengalami cumi yang telah dimasak masih berbau amis dan rasanya tidak seempuk bila dibeli di rumah makan atau restoran seafood.

Lantas apa rahasianya memasak cumi agar tidak berbau amis dan rasanya empuk?

Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Amis

1. Pilih cumi yang baik
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau amis yang menyengat yaitu, anda harus memilih cumi yang masih dalam keadaan baik dan segar. Dimana untuk mengenali cumi yang baik anda bisa melihat ciri-cirinya dimana mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.

2. Proses pembersihan yang benar
Membersihkan cumi dengan baik dan benar akan membuat olahan cumi menjadi lebih lezat dan terhindar dari bau yang tidak sedap. Cara yang harus anda perhatikan yaitu, bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya atau lebih mirip dengan plastik bersihkan kulit arinya caranya yaitu dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.

3. Lumuri dengan bahan penghilang bau amis
Selain melakukan proses pembersihan yang benar, anda juga bisa melumuri cumi tersebut dengan bahan-bahan penghilang amis. Banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan amis seperti misalkan, parutan jahe, asam jawa atau anda bisa menggunakan jeruk nipis. Lumuri


Cara Memasak Cumi Agar Empuk

1. Agar cumi empuk atau tidak alot, maka anda harus memasak atau mengolah cumi dengan waktu yang singkat. Waktu yang cukup ideal biasanya yaitu hanya 3 menit saja. Jika memang anda mengolahnya sudah terlanjur lama, maka anda bisa memasak terus cumi kira-kira sampai 30 menit agar daging cumi tersebut bisa kembali menjadi empuk.

2. Setelah merebus cumi, maka secepat mungkin harus memasukan daging cumi ke dalam air dingin. Cara ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot.

3. Apabila cumi yang anda olah dengan cara dibuat sup, maka anda bisa memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep Sambal Goreng Ati yang Nikmat dan Menggugah Selera

Resep Sambal Goreng Ati yang Nikmat dan Menggugah Selera

Jakarta – Menu sambal goreng ati biasanya disajikan bila ada acara hajatan atau hari raya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis