Home > Ragam Berita > Nasional > Ansor Angkat Bicara Terkait Pemimpin Non Muslim

Ansor Angkat Bicara Terkait Pemimpin Non Muslim

Jakarta – Yaqut Cholil Coumas, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, memberikan klarifikasi polemik terkait hasil bahtsul masail di kantornya, Jakarta, pada Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2017 lalu.

Ansor Angkat Bicara Terkait Pemimpin Non Muslim

Hasil bahtsul masail diumumkan Ansor di Jakarta seusai sidang. Kesimpulannya, pemimpin atau kepala daerah dinilai sah apabila terpilih secara konstitusional. Oleh karena itu, segala kebijakannya mengemban tugas negara juga sah, baik dari sisi konstitusi negara maupun agama.

Keputusan tersebut jadi polemik karena di kalangan Nahdlatul Ulama, kepemimpinan nonmuslim sampai kini masih memunculkan perbedaan pendapat.

Bahkan Wakil Rais Am Pengurus Besar NU mengkritisi keputusan Ansor tersebut karena tidak dilaporkan terlebih dahulu ke pimpinan NU sebelum diumumkan.

Terkait materi bahtsul masail, Yaqut berpendapat bahwa memilih dan mendukung pemimpin atau kepala daerah yang muslim adalah kewajiban bagi umat Islam. Namun bukan berarti kepala daerah yang terpilih dari kalangan nonmuslim tidak sah.

“Kalau yang terpilih nonmuslim, ya boleh saja,” ujarnya.

Di Indonesia, lanjut Yaqut, ada beberapa provinsi yang mayoritas daerahnya justru dipimpin nonmuslim. Misalnya di Provinsi Papua dan Nusa Tenggara Timur.

“Di Papua dan NTT itu kepala daerahnya mayoritas nonmuslim. Kalau itu dianggap tidak sah, bisa bubar negeri ini,” lanjut Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Baca juga: GP Ansor : “Kita Nggak Lihat Latar Belakang Agama, Tapi Pemimpin Yang Memberi Manfaat Bagi Masyarakat”

Hal itu, ungkap dia, sudah dijelaskan kepada Ketua NU Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah. (Rere – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Menang, Teriakan Prabowo Presiden Menggema

Anies-Sandi Menang, Teriakan Prabowo Presiden Menggema

Jakarta – Relawan beserta simpatisan pasangan calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis