Home > Ragam Berita > Nasional > Awas, Ribuan Pengidap AIDS di NTT Meninggal Dunia

Awas, Ribuan Pengidap AIDS di NTT Meninggal Dunia

Kupang – Di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), kini kian merebak orang-orang yang terjangkit Virus HIV/AIDS. Hingga akhir 2016 silam, tercatat sudah 1.287 orang yang meninggal akibat menderita penyakit itu.

Awas, Ribuan Pengidap AIDS di NTT Meninggal Dunia

Ilustrasi

Yang terbanyak ada di Kabupaten Belu sekitar kurang lebih 241 orang. Data terakhir tercatat pengidap HIV/AIDS di NTT mencapai 4.944 orang yang tersebar di 22 kabupaten/kota. Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi NTT, Gusti Brewon, menjelaskan, dari 4.944 orang tersebut, yang mengidap HIV sebanyak 2.325 orang dan pengidap AIDS sebanyak 2.619 orang.

“Kota Kupang menempati peringkat pertama dengan jumlah orang yang mengidap penyakit ini sejumlah 987 orang disusul Kabupaten Belu sebanyak 665 orang,” ungkapnya sebagaimana dilansir Timor Express (Jawa Pos Group).

Yang membuat prihatin adalah jumlah pengidap yang meninggal telah mencapai ribuan orang. Paling banyak berasal dari Kabupaten Belu sebanyak 241 orang, disusul Kabupaten Sikka sebanyak 167 orang. Sementara itu, Direktur Yayasan Tanpa Batas (YTB), Liliane P. Amalo-Holle, saat dikonfirmasi mengatakan YTB terus menjangkau masyarakat untuk melihat potensi HIV/AIDS di kelompok maupun individu.

Jika berpotensi maka pasien akan didekati dan diberikan pengarahan agar mau mengecek atau melakukan tes darah. Apabila positif terjangkit HIV, maka akan diberi bimbingan dan langsung diberi penanganan dan obat.

Baca Juga : Wanita Yang Hampir Bugil Ketika Beli Obat Di Apotek Akui Mendapat Bisikan Ghaib

“Bukan hanya obat yang diberikan, bimbingan psikis atau konseling juga dilakukan guna menguatkan penderita dalam menghadapi virus HIV, karena virus ini dapat menyebar dengan cepat jika pengidapnya merasa stres dan terganggu,” ungkapnya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

Yogyakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif ternyata ...