Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Jakarta – Tubuh manusia dipenuhi dengan mikroba. Namun, tidak semua mikroba berdampk negatif pada tubuh. Mikroba usus, salah satunya, dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Antibiotik Bisa Bunuh Bakteri Baik di Mata

Mata

Demikian juga dengan mata, yang sebelumnya diyakini steril dari bakteri, ternyata juga memiliki bakteri.

Para ilmuwan dari National Eye Institute America menemukan keberadaan bakteri yang termasuk tipe Corynebacterium masitidis (C.mast) pada hewan tikus sebagai percobaan.

Kabar baiknya adalah, bakteri ini terbukti menimbulkan respons kekebalan yang mencegah infeksi mata tertentu. Walau diuji pada hewan, para peneliti yakin hal yang sama juga dapat terjadi pada manusia.

Dengan bukti penelitian ini, dapat membuat dokter berpikir dua kali untuk meresepkan antibiotik pada mata yang terkena infeksi karena obat antibiotik dapat membunuh bakteri baik yang melindungi mata manusia dari kuman.

Baca juga: Membedakan Benjolan di Tiroid dengan Getah Bening

“Kita perlu hati-hati dengan cara kita menggunakan antibiotik, karena dampaknya adalah kita menghilangkan bakteri baik. Ke depan, terapi probiotik bisa dikembangkan untuk mata agar penggunaan antibiotik berkurang,” ungkap penulis studi Rachel Caspi. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Batuk Jangan Ditahan

Batuk Jangan Ditahan

Jakarta – Walaupun tidak sedikit jenis batuk ternyata berbahaya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk ...