Home > Ragam Berita > Warga Was-was Dengan Kemunculan Buaya di di Muara Sungai Opak

Warga Was-was Dengan Kemunculan Buaya di di Muara Sungai Opak

Yogyakarta – Sudah tercatat empat kali penampakan buaya di sekitar pantai selatan wilayah DIY dan Jawa Tengah sejak awal tahun 2017. Kemunculan buaya muara tersebut membuat warga sekitar merasa was-was.

Warga Was-was Dengan Kemunculan Buaya di di Muara Sungai Opak

Ilustrasi

Pertama kali buaya terlihat di kawasan Pantai Jatimalang, Kabupaten Purworejo. Kedua kali terlihat di sekitar Pantai Congot Kulonprogo. Kedua tempat itu juga saling berdekatan karena terletak berbatasan antara Kulonprogo dan Purworejo.

Baca juga : Erupsi Dua Kali, Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 700 Meter

Sedangkan yang ketiga terjadi di muara Sungai Opak Kecamatan Kretek Bantul. Di muara Sungai Opak di Desa Tirtohargo, Kretek ini, warga yang sedang mencari pakan rumput di pinggir sungai melihat ada satu ekor buaya.
Buaya sempat dipancing dengan seekor ayam dan berhasil. Namun tidak berhasil menangkapnya meski umpan sudah dipasang semacam pelampung dari jeriken agar terpantau pergerakannya.

Kasus terakhir, munculnya buaya di Sungai Lukulo Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Buaya terlihat sedang berjemur di tengah sungai di Desa Rantewringin, Kecamatan Bulus Pesantren.

Kawasan itu juga tidak jauh dari muara, sekitar 2,5 km. Banyak warga beraktifitas di sekitar sungai baik memancing, menjala ikan atau mencuci pakaian dan mandi.

Mengetahui adanya buaya tersebut pemerintah desa setempat telah mengimbau warga untuk tidak mengganggu buaya tersebut. Sebab dikhawatirkan buaya jadi terganggu karena habitatnya terganggu.

Buaya di sungai ini diketahui muncul sekitar sebulan lalu. Saat ini banyak warga yang melihat kemunculan buaya dari pinggir sungai, saat berjemur.

Jumlah buaya yang ada di sungai tersebut belum diketahui. Ukurannya diperkirakan berukuran lebih dari 2,5 meter.

“Takut mas, apalagi kalau sampai naik ke darat atau mengganggu warga,” kata Taufik Junaedi, warga Desa Rantewringin yang rumahnya sekitar 100 meter dari pinggir Sungai Lukulo.

Namun, hingga saat ini keberadaan buaya tersebut belum menganggu, warga berharap ada tindakan dari pemerintah setempat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pemuda Dengan Julukan The Next Habibie Ternyata Lakukan Kebohongan

Pemuda Dengan Julukan The Next Habibie Ternyata Lakukan Kebohongan

Jakarta – Seorang pemuda yang dijuluki The Next BJ Habibie bernama Dwi Hartanto sempat mencuri ...