Home > Unik > Misteri > Simak Foto Gerhana Bulan Yang Terjadi Semalam

Simak Foto Gerhana Bulan Yang Terjadi Semalam

Jakarta – Fenomena alam yang terjadi di muka bumi terkadang selalu menarik perhatian banyak orang. Salah satu fenomena alam yang juga menarik perhatian adalah gerhana bulan.

Simak Foto Gerhana Bulan Yang Terjadi Semalam

Gerhana Bulan

Menurut kabar yang beredar, sejak hari senin (07/08/2017) kemarin telah terjadi gerhana bulan di Indonesia. Untuk beberapa negara yang bisa menyaksikan gerhana bulan parsial dimulai pukul 11.45 pagi sampai 22.45 GMT (Greenwich Mean Time). Puncaknya sendiri akan terjadi pada 18.20 GMT.

Tak hanya wilayah Indonesia, gerhana bulan juga terlihat dari beberapa wilayah seperti Eropa, Afrika, Asia dan Australia. Mereka yang berada di Amerika Serikat, gerhana bulan terjadi pada pagi hari sampai sore hari, tepat saat bulan di bawah cakrawala.

Sebaliknya di sebagaian besar Asia, Indonesia dan Australia, bulan meluncur di ujung utara gelap di Bumi. Tepatnya pada jam-jam tengah malam pada hari selasa (08/08/2017).

Di Eropa Barat, gerhana bulan terlihat pada senin (07/08/2017) malam dengan sisa-sisa umbra terakhir di tungkai barat bulan (Spanyol bagian timur, sebagian besar wilayah Prancis dan Swedia Tengah dan Selatan).

Negara yang bisa melihat gerhana bulan sepenuhnya adalah Spanyol bagian barat, Portugal, Inggris dan Norwegia.

Ketika proses gerhana mencapai batas maksimum, bulan akan terendam dalam bayangan gelap bumi. Gerhana jadi dapat dinikmati dengan mata telanjang.

Baca juga : Wajah Anak Terlalu Sempurna, Ayah di China Minta Tes DNA

Namun bagi mereka yang masih tidak merasa puas, mereka dapat menggunakan teropong atau teleskop. Sedangkan yang tak punya teleskop, melihatnya dengan jelas antara pukul 17.22 sampau 19.18 UTC (Coordinated Universal Time).

Yang paling menarik untuk dicatat adalah gerhana bulan yang terjadi pada hari senin malam hingga selasa dini hari adalah bayangan cermin gerhana matahari yang akan terjadi pada tanggal 21 agustus mendatang.

Di Amerika Utara tidak akan melihat gerhana bulan, tapi mereka akan berada dalam posisi paling bagus untuk melihat gerhana matahari total atau sebagian besar gerhana matahari.

Berikut ini beberapa postingan netizen mengenai fenomena gerhana bulan :

(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Salut, Kakek Berusia 63 Tahun Ini Mudik Ke Kampung Halaman Naik Sepeda

Salut, Kakek Berusia 63 Tahun Ini Mudik Ke Kampung Halaman Naik Sepeda

Jakarta – Faktor usia memang bukanlah menjadi penghambat bagi seorang kakek bernama Wibowo. Diketahui, kakek ...