Home > Gaya Hidup > Anda Kurang Minum Air Putih? Ini Dia Tanda-Tandanya

Anda Kurang Minum Air Putih? Ini Dia Tanda-Tandanya

Jakarta – Air putih merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berperan sebagai katalisator, pelarut, pelumas, dan pengatur suhu tubuh.

Anda Kurang Minum Air Putih? Ini Dia Tanda-Tandanya

Karena itu, mengkonsumsi banyak air putih menjadi sangat penting bagi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik.
Lantas apa tanda-tanda yang mudah dikenali saat tubuh kekurangan air?

1. Haus
Haus menjadi tanda yang paling mudah dikenali yang mengingatkan bahwa Anda harus minum air putih. Minumlah air putih sebelum Anda melakukan aktifitas fisik.

2. Lapar
Dehidrasi bermanifestasi dalam bentuk rasa lapar. Tubuh salah menafsirkan kekurangan air dengan rasa lapar, dan ini bisa menyebabkan Anda menginginkan makanan tertentu dan makan berlebih.

3. Lelah
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan hilangnya konsentrasi. Bila Anda mulai terasa lelah, konsumsilah air putih. Jangan mengkonsumsi kopi saat Anda mengalami kelelahan kronis. Kopi bertindak sebagai diuretik dan membuat Anda buang air kecil berkali-kali, sehingga menyebabkan semakin hilangnya cairan.

4. Sakit Kepala
Secara fisik, tengkorak dikelilingi oleh Cerebro Spinal Fluid yang berfungsi memastikan tidak ada gumpalan mekanis yang mengganggu fungsi otak. Bila otak kekurangan cairan, maka Anda akan mengalami sakit kepala karena tidak ada bantalan yang melindunginya dari tekanan mekanik dan gumpalan.

4. Urine Kental
Cermati warna dan frekuensi urine Anda. Jika urine berwarna kuning gelap, ini tandanya tubuh kekurangan cairan. Jika urine berwarna kuning muda ini tandanya tubuh mendapatkan cukup cairan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...