Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Myanmar Bakal Evakuasi 4 Ribu Warga dari Rakhine

Pemerintah Myanmar Bakal Evakuasi 4 Ribu Warga dari Rakhine

Sittwe – Pemerintah Myanmar disebut mengevakuasi setidaknya 4.000 warga dari wilayah Negara Bagian Rakhine akibat keadaan di sana yang semakin memanas. Di saat yang sama, ribuan warga etnis Rohinya juga melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari keadaan di Rakhine.

Pemerintah Myanmar Bakal Evakuasi 4 Ribu Warga dari Rakhine

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Minggu (27/8/2017), pemerintah Myanmar mengklaim bahwa memanasnya situasi itu dipicu oleh kelompok pemberontak yang terdiri dari warga Rohinya menyerang pasukan pemerintah pada Jumat 25 Agustus 2017. Kekerasan ini menyebabkan setidaknya 98 orang kehilangan nyawanya.

Pertempuran hingga Sabtu pun masih belum berakhir. Dengan ratusan warga Rohinya yang terus bertikai dengan militer Myanmar di sekitar wilayah Kota Maungdaw. Kekerasan inilah yang memicu pemerintah mengevakuasi warga non-Muslim di sana.

Serangan ini dilaporkan menjadi yang terparah dibandingkan serangan serupa yang terjadi pada Oktober 2016. Namun serangan pada Oktober itulah yang memicu operasi militer Pemerintah Myanmar di Rakhinya yang semakin membuat kehidupan warga etnis Rohinya di sana semakin sengsara.

Baca juga: Otoritas Keamanan India Ciduk 2.500 Pengikut Ram Rahim Singh

Memanasnya kembali wilayah Rakhine membuat pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, angkat bicara. Suu Kyi mengecam serangan yang dilancarkan pemberontak Rohinya ke 30 kantor polisi dan markas tentara. Para pemberontak disebut menyerang lokasi-lokasi vital keamanan di Rakhine itu menggunakan senjata api, kayu dan bom rakitan.

Sekadar informasi, Suu Kyi yang terkenal sebagai penerima nobel perdamaian itu acap kali menerima kritikan pedas dari banyak pihak. Pasalnya, ia terkesan “diam” melihat warga etnis Rohinya yang terus menderita. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Pabrik Kimia di Cina Meledak, Belasakan Orang Meninggal

Sichuan – Sebuah pabrik kimia di Cina dihantam ledakan mengakibatkan 19 orang tewas dan melukai ...