Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Awas, Minum Kopi saat Pagi Bisa Picu Beberapa Gangguan Ini

Awas, Minum Kopi saat Pagi Bisa Picu Beberapa Gangguan Ini

Jakarta – Minum kopi di pagi hari telah menjadi kebiasaan dari banyak sekali orang di dunia. Mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari dilakukan untuk mengusir kantuk ketika seseorang akan pergi bekerja atau memulai aktivitas lainnya. Namun demikian, tahukah anda bahwa pagi hari merupakan salah satu waktu yang sangat buruk untuk minum kopi?

Awas, Minum Kopi saat Pagi Bisa Picu Beberapa Gangguan Ini

Alasannya, adalah karena pada pagi hari, kadar kortisol dalam tubuh kita sedang dalam keadaan tinggi. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dilepaskan oleh tubuh untuk merespon keadaan stres, atau saat gula darah sedang dalam keadaan rendah.

Mengkonsumsi kafein dalam keadaan tubuh yang sedang tinggi kortisol, diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah. Salah satunya adalah kafein dapat menghambat produksi kortisol. Dengan penurunan produksi kortisol, maka tubuh akan mengandalkan kafein untuk mengkompensasinya.

Minum kopi di pagi hari juga bisa meningkatkan toleransi tubuh terhadap kafein. Akhirnya, dalam jangka waktu lama, tubuh tidak bisa mengoptimalkan asupan kafein, dan efek “membangunkan” dari kafein pun akan semakin berkurang.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009, kadar kortisol dalam tubuh manusia meninggi pada tiga waktu dalam sehari, yakni pada pagi hari, malam, lalu pada dini hari. Sementara itu, waktu paling pas untuk menikmati kopi (atau kafein secara umum) adalah pada pukul 10 pagi hingga sekitar pukul 5 sore Di waktu-waktu ini, tubuh bisa memperoleh manfaat kafein dengan optimal. (Tita Yanuanatri – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Alasan Berjemur di Bawah Sinar Matahari Setiap Pagi

Inilah Beberapa Alasan Berjemur di Bawah Sinar Matahari Setiap Pagi

Jakarta – Sejak Anda kecil pastinya sudah seringkali mendengar tentang manfaat paparan sinar matahari terhadap ...