Home > Ragam Berita > Nasional > DPR Menilai Panglima TNI Telah Membuat Rakyat Takut

DPR Menilai Panglima TNI Telah Membuat Rakyat Takut

Jakarta – Dalam acara ‘Silaturahim Panglima TNI dengan Purnawirawan TNI’ di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur yang digelar pada hari jumat (22/09/2017) lalu Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan kepada publik tentang adanya pembelian senjata secara ilegal.

DPR Menilai Panglima TNI Telah Membuat Rakyat Takut

TB Hasanuddin

Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa ada institusi yang berencana mendatangkan sebanyak 5000 pucuk senjata secara ilegal dengan mencatut nama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Indonesia.

“Mereka memakai nama Presiden, seolah-olah itu yang berbuat Presiden, pdahal saya yakin itu bukan Presiden, informasi yang saya dapat kalau tidak A1 tidak akan saya sampaikan di sini. Datanya kami akurat, data intelijen kami akurat,” kata Gatot.

Mendengar kabar tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin memberikan tanggapannya. Ia sangat menyayangkan pernyataan Gatot Nurmantyo tersebut. Menurutnya, pernyataan Jenderal Gatot dapat membuat masyarakat menjadi bingung dan resah.

Hasanuddin mengatakan bahwa sebanyak 5 ribu pucuk senjata api itu sama dengan kekuatan sebesar 4-5 batalyon tempur. Jadi ucapan Panglima TNI soal masuknya ribuan senjata ilegal dapat menciptakan rasa tidak aman di masyarakat mengingat peruntukan senjata itu tidak jelas.

Baca juga : Info Intelijen Bocor, Jokowi Didesak Evaluasi Panglima TNI

“Kalau pengadaan senjata untuk TNI atau Polri itu legal dan jelas tercatat dalam anggaran Negara (APBN). Nah ini 5 ribu pucuk senjata api ilegal, siapa yang memesan ? Untuk siapa ? Dan untuk apa ?” kata Hasanuddin, Senin (25/09/2017).

Untuk itu, TB Hasanuddin menyarankan agar ke depan harus lebih berhati-hati lagi dalam merilis berita yang sensitif. Terlebih lagi soal keamanan dan keselamatan seluruh warga negara.

“Mewartakan kepada media sebelum ada kepastian dan tindakan hanya membuat ketakutan rakyat. Kalau benar ada ancaman ya diselesaikan” jelasnya.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Manajemen Alexis Pastikan Izin Tempat Karaoke Statusnya Valid

Manajemen Alexis Pastikan Izin Tempat Karaoke Statusnya Valid

Jakarta – Kembali dipertanyakan lantaran hanya berganti nama, kini manajemen Alexis menegaskan bahwa sejumlah fasilitas ...