Home > Ragam Berita > Nasional > Kencing Tikus, Penyakit Yang Hebohkan Warga Surabaya

Kencing Tikus, Penyakit Yang Hebohkan Warga Surabaya

Surabaya – Sabtu kemarin, warga Dukuh Karangan Gang V, RT 10 RW 3, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, geger lantaran salah satu warganya meinggal dunia akibat terserang penyakit misterius.

Kencing Tikus, Penyakit Yang Hebohkan Warga Surabaya

Korban tewas adalah Sukatono berusia 49 tahun yang merupakan kepala keluarga di RT 10 RW 3. Dirinya meninggal di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya karena penyakitnya tidak kunjung sembuh. Selain semakin parah, Sukatono bahkan tidak bisa berjalan dan hanya terkulai di tempat tidur.

Sigit Nurcahyanto selaku Ketua RT 10 berkata “Awalnya warga itu hanya asam urat, terus menguning, demam panas tinggi,”

Begitu, dibawa ke Rumah Sakit Wiyung Sejahtera, Sukatono, kata Sigit, darahnya diambil untuk dijadikan sample. Tidak hanya itu, karena istrinya yakni Suparmi yang mempunyai penyakit serupa.

“Tidak lama setelah itu, Pak Sukatono meninggal. Kalau istrinya sampai sekarang masih dirawat di rumah Sakit,” ujar dia.

Selain Sukatono dan Suparmi, tiga anaknya yakni Yudha Dimas Husaini, Aurel Husaini, Aura Husaini diduga juga harus mendapatkan penanganan dan perawatan medis di rumah sakit yang sama. Lantaran, ketiganya juga masih satu rumah.

Warga yang takut menjadi wabah penyakit virus menular, Sigit yang sebagai Ketua RT langsung berinisiatif minta bantuan dari dinas kesehatan supaya mendatangkan petugas. Menurut Sigit, dari keterangan dokter, keluarga Sukatono tewas akibat terkena virus tikus.

Sigit juga berkata bahwa “Dari keterangan dokter yang menangani, Pak Sukatono dan keluarganya itu dimungkinkan terjangkit virus atau bakteri berasal dari tikus,”

Dalam ilmu kedokteran virus tikus ini lebih dikenal bernama Leptospirosis. Pengertiannya, penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira, penyebaran melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri. Seperti hewan anjing, kemudian tikus.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Aksi Bela Palestina Akan Digelar di Monas dan Depan Kedubes AS Besok

Aksi Bela Palestina Akan Digelar di Monas dan Depan Kedubes AS Besok

Jakarta – Sejumlah elemen masyarakat dan ormas Islam akan berkumpul di kawasan Monumen Nasional (Monas) ...