Home > Ragam Berita > Internasional > Trump Tolak Pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem

Trump Tolak Pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem

Washington – Presiden Amerika Serikat pada Rabu (17/1/2018), menolak memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem tahun ini.

Trump Tolak Pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem

Trump

Keputusan Trump itu disampaikan setelah mendengar pernyataan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu yang mengatakan pemindahan kedutaan besar itu kontroversial dan akan segera disusul keributan.

Sebelumnya, pada 6 Desember 2017, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan segera memproses pemindahan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv. “Keputusan Trump ini mengancam proses perdamaian di Timur Tengah dan menyulut kerusuhan di Dunia Arab,” tulis sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (18/1/2018).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, mengatakan bulan lalu bahwa pemindahan kedutaan besar kemungkinan bukan tahun ini atau tiga tahun ke depan.

“Ini proyek ambisius,” ucapnya.

Baca juga: Pemerintahan Trump Bakal Digulingkan di Tahun Ini, Benarkah ?

Menurutnya, pemindahan kedutaan besar butuh upaya keras, termasuk menyiapkan sarana bagi para pegawai, memperhitungkan keamanan dan menyediakan perumahan bagi para diplomat.

Yerusalem adalah rumah bagi tempat suci umat Islam, Yahudi dan Kristen. Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya yang dicaplok Israel pada 1967 dalam Perang Arab-Israel. Selanjutnya kota ini dianeksasi dan tidak diakui dunia internasional sebagai ibu kota negara Israel. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Serangan Israel di Tepi Barat Tewaskan Warga Palestina

Serangan Israel di Tepi Barat Tewaskan Warga Palestina

Jenin – Seorang warga Palestina tewas akibat serangan oleh angkatan bersenjata Israel di kota Jenin ...