Home > Ragam Berita > Internasional > Rusia-Turki Lakukan Bahas Situasi Kemanusiaan di Suriah

Rusia-Turki Lakukan Bahas Situasi Kemanusiaan di Suriah

Moskow – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan mitranya dari Turki Mevlut Cavusoglu membahas konflik di Suriah dan situasi kemanusiaan melalui telepon, menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu.

Rusia-Turki Lakukan Bahas Situasi Kemanusiaan di Suriah

“Para menteri membahas persiapan untuk Kongres Dialog Nasional Suriah sebagai tonggak utama dalam perjalanan untuk mencapai penyelesaian dalam masalah politik Suriah,” kata kementerian tersebut.

Sebagaimana diberitakan Xinhua pada Kamis (18/1/2018), Militer Turki pada Selasa malam (16/1) menambah personel militer di tengah kesiagaan tinggi di dekat perbatasan Suriah, saat Ankara bersiap menyerang satu wilayah Kurdi di Suriah Utara, kata stasiun televisi pan-Arab Al-Mayadeen.

Balabantuan pasukan Turki terus berdatangan di satu wilayah perbatasan Turki di dekat Wilayah Afrin, yang dikuasai Suku Kurdi di Provinsi Aleppo, Suriah Utara, kata laporan tersebut.

Al-Mayadeen menambahkan siaga keamanan tinggi dikeluarkan di wilayah perbatasan Turki di dekat Ayn Al-Arab, atau Kobane –yang dikuasai Suku Kurdi, di bagian lain pinggir utara Aleppo.

Ketegangan militer itu terjadi beberapa jam setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kegiatan militer terhadap pasukan Kurdi di Afrin akan didukung oleh gerilyawan Suriah yang didukung Turki, kata laporan tersebut.

Presiden Turki itu juga berikrar akan menghapuskan pasukan keamanan, dengan 30.000 personel, yang saat ini dibentuk oleh Amerika Serikat di daerah yang dikuasai Suku Kurdi di bagian timur-laut Suriah.

Baca juga: Ayatollah Ali Khamenei Layangkan Kecaman kepada Trump

Di dalam pidatonya pada Selasa, Erdogan mendesak NATO agar menentukan sikap mengenai pasukan perbatasan Suriah dukungan AS, yang akan dibentuk dari Satuan Perlindungan Rakyat (YPG), yang didominasi Suku Kurdi. Ankara menganggap YPG sebagai kelompok teror. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kartunis Yang Mengganti Gambar Kepala PM Israel Dengan Babi Dipecat

Kartunis Yang Mengganti Gambar Kepala PM Israel Dengan Babi Dipecat

Tel Aviv – Foto Selfi Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menginspirasi seorang kartunis untuk ...