Home > Ragam Berita > Nasional > Sempat Dilarang Ahok, PMI Klaim Sudah Kantongi Izin Anies Sebarkan Kupon Sumbangan Lagi

Sempat Dilarang Ahok, PMI Klaim Sudah Kantongi Izin Anies Sebarkan Kupon Sumbangan Lagi

Jakarta – Baru-baru ini, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta diketahui telah kembali menyebar kupon guna mengumpulkan sumbangan dari Warga Ibukota DKI Jakarta. Sebelumnya, hal itu memang sempat dilarang pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kini, penyebaran kupon bakal kembali diberlakukan.

Sempat Dilarang Ahok, PMI Klaim Sudah Kantongi Izin Anies Sebarkan Kupon Sumbangan Lagi

Terkait hal tersebut, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza angkat bicara. Dia menyatakan bahwa kupon bakal kembali disebar di sekolah-sekolah yang ada di DKI, kepada para pengusaha dan juga masyarakat lainnya. Yang berbeda pada beberapa tahun lalu, kupon ini akan di desain secara khusus.

“Ya di berlakukan kupon lagi, memang kupon ini sebagai tanda bukti. Cuma memang kupon ini kita bentuk desain khusus supaya tidak bisa diduplikat oleh masyarakat, sehingga yang memang yang kita dapatkan dari masyarakat ini kembali ke masyarakat,” kata Ali usai pengukuhan panitia Bulan Dana PMI 2018 di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 31 Agustus 2018

Ali melanjutkan, penggunaan kupon-kupon tersebut telah mendapatkan izin dari Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan. Penyebaran kupon ini juga telah memiliki surat keputusan dari Gubernur DKI.

“Sudah ada SK nya, ada SK Gubernur dan memang nanti kita pun akan melakukan galadiner juga bersama pak gubernur juga sama-sama untuk pengumpulan dana ini,” ujarnya menambahkan.

Ali menambahkan, kupon memang sempat dilarang karena kerap disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, mulai saat ini dan ke depannya kupon akan didesain secara khusus dan tidak dapat dipalsukan. Nantinya, satu kupon akan dibanderol beragam.

Ada yang Rp2 ribu, Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Kupon akan disebarkan ke masyarakat, pengusaha dan warga DKI. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, dalam bulan dana PMI 2018 ini diharapkan pendapatan sumbangan semakin meningkat.

“Kita berharap bisa mengumpulkan dana lebih banyak tahun lalu berhasil mendapatkan Rp15,1 miliar. Harapannya tahun ini bisa lebih tinggi minimal peningkatannya 20 persen,” ujar Anies di Balai Kota DKI

Disamping itu, Anies juga berharap lebih banyak terobosan baru di dalam menggalang dana dari masyarakat. Karena dana PMI adalah dana dari masyarakat yang akan digunakan juga untuk masyarakat.

“Saya sampaikan tadi pada semuanya, bahwa dana yang terkumpul untuk kegiatan PMI ini langsung kembali ke masyarakat. Karena itu saya mengundang seluruh masyarakat untuk ikut mendukung. Insha Allah dirasakan sekali manfaatnya terutama di aspek kesehatan dan sosial masyarakat,” ujarnya.

Sekedar informasi, pada tahun 2014 silam, Gubernur DKI Jakarta saat itu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah melarang penyebaran kupon sumbangan Palang Merah Indonesia (PMI). Ahok beralasan hal itu agar tidak ada lagi pungutan liar, dan permainan oknum yang tidak bertanggung jawab dalam sumbangan PMI.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pihak Kepolisian Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Polda Jawa Timur Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Jakarta – Baru-baru ini, pihak Kepolisian mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri kepada pihak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135