Home > Gaya Hidup > Tips > Mainkan Gadget saat Jam Tidur Bisa Berdampak pada Berat Badan

Mainkan Gadget saat Jam Tidur Bisa Berdampak pada Berat Badan

Jakarta – Meskipun sepele tapi hal ini patut kamu perhatikan jika ingin tubuhmu tetap langsing dan tak bertambah gemuk. Apakah kamu masih suka berada di depan laptop atau gadget saat jam tidur? Well, jika demikian kamu akan berisiko lebih gemuk.

Mainkan Gadget saat Jam Tidur Bisa Berdampak pada Berat Badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology dan dilakukan oleh para ahli dari Leiden University Medical Center ini melibatkan sebanyak 113 ribu wanita yang berusia minimal 16 tahun. Berat badan, tinggi, dan lingkar pinggang mereka diukur dan diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan terkait pola hidup yang dilakukan selama ini, termasuk kebiasaan tidurnya.

Hasilnya adalah wanita yang terbiasa tidur dalam gelap memiliki lingkar pinggang dan panggul yang lebih kecil ketimbang dengan kelompok wanita yang tidur dengan lampu. Mengapa demikian adanya?

Ini ternyata para ahli percaya jika adanya cahaya di malam hari ini mengecoh tubuh dalam membakar lemak. Ini berkaitan dengan jam biologis tubuh. Jam biologis tubuh mengatur semua jadwal apa saja yang harus dilakukan tubuh dan diatur oleh hormon melatonin. Hormon ini akan memicu rasa mengantuk yang biasanya akan menurun di siang haru dan naik di malam hari.

Saat ada cahaya di malam hari, hormon ini akan diproduksi dalam jumlah sedikit. Tubuh akan mengira bahwa saat ini adalah siang hari. Melantonin nyatanya juga mempengaruhi metabolisme tubuh. Semakin banyak melatonin yang diproduksi, maka semakin cepat metabolisme yang terjadi. Lemak yang dibakar pun semakin banyak pula saat kamu tertidur. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hati-Hati, Kualitas Hormon Testosteron Bisa Menurun karena Kurang Tidur

Hati-Hati, Kualitas Hormon Testosteron Bisa Menurun karena Kurang Tidur

Jakarta – Begadang kerap menjadi solusi untuk menyelesaikan pekerjaan, namun jika kebiasaan itu dibiarkan begitu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135