Home > Ragam Berita > Nasional > Upaya Sri Mulyani Redam Rupiah Tak Anjlok Ke Rp 15 Ribu Per USD

Upaya Sri Mulyani Redam Rupiah Tak Anjlok Ke Rp 15 Ribu Per USD

Jakarta – Sri Mulyani sudah mengabarkan bahwa saat ini pemerintah memang sedang fokus untuk mengatasi sentimen global yang saat ini mulai terasa gejolaknya ke negara berkembang, termasuk Indonesia.

 Upaya Sri Mulyani Redam Rupiah Tak Anjlok Ke Rp 15 Ribu Per USD

Saat dihubungi kemarin, dirinya berkata bahwa “Kami melihat pergerakan global, kami terus waspadai karena dinamika yang berasal dari sentimen Argentina ini tinggi sekali dan kadang dikombinasikan dengan kondisi di negara emerging yang lain. Karena situasi di sana belum selesai, makanya kita antisipasi bahwa tekanan ini masih akan berlangsung,”

“Koordinasi dari sisi informasi, langkah demi stabilitas akan terus di-share sehingga kami terus lakukan peneysuaian kalau memang akan dilakukan. Karena dari sisi kondisi apakah dari sisi pasar surat berharga, portfolio, nilai tukar, dan kemudian dinamika sektor riil ekspor dan impor,” tuturnya.

Untuk itu, hingga kini pemerintah masih tetap mengurangi sentimen yang berasal dari neraca pembayaran. Seperti diketahui, sebagai salah satu sumber sentimen dari perekonomian Indonesia adalah kondisi transaksi berjalan dan transaksi perdagangan.

“Makanya, kami bersama Mendag dan Menperin melihat komposisi dari komoditas yang selama ini diimpor, namun nilai tambah ke perekonomian tidak banyak,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, di tengah gempuran sentimen global yang mulai mengikis kurs rupiah, dapat dimanfaatkan oleh industri dalam negeri yang bisa menyubstitusi impor. Sementara dari sisi kebutuhan devisa yang dilakukan BUMN seperti Pertamina dan PLN akan melihat kebutuhan yang dapat ditunda.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pihak Kepolisian Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Polda Jawa Timur Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Jakarta – Baru-baru ini, pihak Kepolisian mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri kepada pihak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135