Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali mengeluarkan hasil survey terbaru dimana menunjukkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul di kalangan pengguna media sosial yang terafiliasi dengan organisasi masyarakat (ormas) Islam. Dari 90,4 persen pengguna media sosial beragama Islam, 45,6 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Survey LSI : Pengguna Medsos Beragama Islam Lebih Banyak Dukung Jokowi-Ma'ruf

Ardian Sopa selaku Peneliti LSI mengungkapkan bahwa bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pejawat unggul di semua segmen pengguna media sosial yang berafiliasi ke ormas Islam.

“Kecuali di PA (Persaudaraan Alumni) 212 dan ormas lainnya di luar Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah,” katanya kemarin.

Di kalangan pengguna media sosial NU, pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih elektabilitas 59 persen dari basis data 45,6 persen. Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya 36,5 persen. Sedangkan di kalangan Muhammadiyah, pasangan pejawat itu meraih dukungan 46,6 persen dari populasi 7,3 persen, Prabowo-Sandiaga 41,1 persen.

Selain itu, Jokowi-Ma’ruf juga unggul di kalangan pengguna media sosial Muslim yang mengaku bukan bagian ormas manapun. Di kalangan itu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 48,5 persen berbanding 38,8 persen bagi pasangan penantang dari populasi 30,1 persen.

Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya unggul di kalangan PA 212 dan ormas Islam lainnya. Keunggulan itu tampak dari perolehan elektabilitas mencapai 72,7 persen di PA 212 berbanding 27,3 persen bagi pasangan pejawat.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)