Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Dalami Adanya Backdate di Perizinan Proyek Meikarta

KPK Dalami Adanya Backdate di Perizinan Proyek Meikarta

Jakarta – Penyidik KPK mendalami adanya backdate atau penanggalan mundur terkait pengurusan perizinan proyek Meikarta. Hal itu dilakukan karena dalam proses penyidikan ditemukan sejumlah tanggal yang tak sesuai dari sejumlah izin terkait pembangunan Meikarta.

KPK Dalami Adanya Backdate di Perizinan Proyek Meikarta

“Terkait dengan perizinan KPK mendalami informasi adanya indikasi backdate(penanggalan mundur) dalam sejumlah dokumen perizinan Meikarta, yaitu sejumlah rekomendasi sebelum penerbitan IMB, perizinan lingkungan, dan pemadam kebakaran, dan lain-lain,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah pada Selasa (13/11/2018).

Penanggalan mundur di sejumlah rekomendasi perizinan Meikarta itu ditelusuri karena berkaitan dengan rencana penanganan masalah dalam pembangunan superblok bernilai Rp 278 triliun tersebut.

“Jika rekomendasi tersebut tidak diproses dengan benar, maka risiko seperti masalah lingkungan seperti banjir dan lain-lain di lokasi-lokasi pembangunan properti dapat menjadi lebih tinggi,” kata Febri.

Tak hanya mendalami adanya penanggalan mundur dalam tiap perizinan yang diajukan terkait Meikarta. Febri menyebut KPK juga tengah menelusuri fakta apakah pembangunan Meikarta telah berjalan jauh sebelum perizinan diterbitkan.

Baca juga: JK Tegaskan Tidak Tahu bila Jokowi Merupakan Santri

“KPK menelusuri juga apakah pembangunan sudah dilakukan sebelum perizinan selesai,” ucapnya.

Diketahui dalam kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta ini KPK telah menetapkan sembilan orang sebagai tersangka.

Sebagai pihak yang diduga pemberi suap, yakni Billy Sindoro selaku Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi selaku konsultan Lippo Group, Fitra Djaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, Henry Jasmen selaku pegawai Lippo Group. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Zumi Zola Resmi Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Zumi Zola Resmi Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Jakarta – Gubernur Jambi nonaktif sudah dieksekusi KPK ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Eksekusi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135