Rahasia Dibalik Kesuksesan GoogleCalifornia – Sebuah laporan yang beredar menyebutkan bahwa Saham Google kini telah menembus nilai yang merupakan rekor tertingginya sepanjang masa. Seperti dilansir dari Quartz (Kamis, 17/10/2013), nilai saham Google sebesar USD 959,65 (atau Rp 9,5 juta) perlembar ini mengalami kenaikan sebesar 8% dari nilai saham per lembar sebelumnya. Lonjakan ini diperkirakan merupakan hasil dari keuntungan yang diperoleh perusahaan sebesar USD 3 miliar (atau Rp 30 triliun) pada triwulan III tahun 2013.

Google juga mencatat kinerja yang melampaui ekspektasi pasar. Dilaporkan omzet Google mengalami kenaikan 12% menjadi sekitar USD 14,89 miliar (atau Rp 148,9 triliun). Analis dari Needham & Co, Kerry Rice menyampaikan bahwa Google berhasil membuat para investor menjadi puas dengan melabrak ekspektasi pasar. Sementara bagi pesaing terdekat Google seperti Facebook dan Yahoo saat-saat ini merupakan saat yang tersulit akibat tekanan yang mereka alami disebabkan makin maraknya pengguna internet yang mengakses Facebook dan Yahoo melalui tablet. Hal ini membuat biaya tarif iklan menjadi jauh lebih murah dan pemasukan dari pemasangan iklan jauh menurun.

Apabila Google dapat mempertahankan trend positif ini, banyak pihak meramalkan nilai sahamnya bakal jauh melonjak lagi. Apalagi jika Google mampu mengalihkan dana besar yang kini dimiliki untuk membiayai penelitian dari proyek-proyek jangka panjangnya. Impresif. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)