Polusi Perkotaan Mengancam Kehidupan Manusia dan Bumi

20/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Polusi Perkotaan Mengancam Kehidupan Manusia dan Bumi

(Foto : thehindu)

Lyon – Isu lingkungan hidup serta pemanasan belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Sebuah laporan terbaru memberitakan bahwa polusi yang terjadi di perkotaan pada umumnya dapat menyebabkan seseorang terjangkit kanker paru-paru. Seperti dilansir dari The Hindu (Minggu, 20/10/2013), badan penelitian kaker internasional (IARC) membeberka hasil penelitiannya yang secara mengejutkan menyimpulkan bahwa polusi perkotaan sama berbahayanya dengan zat perusak fungsi paru-paru seperti tembakau dan radiasi ultra violet.

Beberapa peneliti yang bekerja di bawah IARC melakukan diskusi perihal temuan baru ini di Lyon, Perancis. Seorang juru bicara IARC, Kurt Straif, menyampaikan kepada media bahwa udara perkotaan yang dihirup oleh kebanyakan manusia di bumi ini telah terkontaminasi oleh senyawa yang bisa memicu kanker. Sebenarnya penelitian terdahulu telah menunjukkan hubungan antara emisi gas dan asap dari kendaraan bermotor terhadap kanker. Namun baru kali ini ada penelitian yang sanggup menjelaskan apabila polusi udara secara keseluruhanlah yang bisa memicu kanker.

Saat ini Bumi terus menerus melepaskan CO2 hingga 54 persen yang menjadi penyebab berlubangnya lapisan ozon. Hingga 2011 saja sebuah laporan menyatakan Bumi telah tercemar karbon hingga 531 gigaton. Apabila tidak ada pihak yang peduli, dapat dipastikan bukan hanya hidup Manusia yang terancam melainkan semua kehidupan yang ada di Bumi ini. (Galang Kenzie Ramadhan)

advertisement

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Refresh Image
*
advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me