Home > Gaya Hidup > Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan Ungkap Agenda Utamanya

Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan Ungkap Agenda Utamanya

Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan Ungkap Agenda UtamanyaJakarta – Pada hari ini, Rabu (12/11/2014), bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang ke 50 dimana dalam pelaksanaannya, Nila Moeloek selaku Menteri Kesehatan mengungkap agenda usungannya untuk lima tahun kedepan dalam sambutan peringatanya. Terhitung ada lima butir agenda dicanangkan dimasa jabatannya.

Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (12/11/2014), Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan terdapat lima target utama yang dicanangkan pihaknya selama lima tahun kedepannya dimana untuk mewujudkan hal itu, perlu adanya kebersamaan para pemangku kepentingan dinegara ini beserta komitmennya.

“Perlu kebersamaan pemahaman, komitmen yang kuat, dan kepemimpinan konsisten ditingkat nasional maupun daerah,” tegasnya. Adapun lima agenda utama yang dicanangkan pihak kementerian kesehatan, pertama yaitu pembangunan kesehatan dimana dianggap sebagai investasi negara dan dapat menopang Indeks Pembangunan Manusia atau IPM.

Kemudian berikutnya masih berkaitan dengan butir pertama, yaitu melakukan pendekatan terhadap sasaran pokok pembangunan kesehatan seperti diantarnya ibu hamil, anak usia sekolah maupun remaja, bayi, balita, dan beberapa lainnya. Ketiga, adanya keterlibatan secara aktif seluruh lapisan yang ada.

Sejumlah lapisan terkait yang disebutkan antara lain komunitas, akademisi, para pelaku usaha, serta pemerintah. Selanjutnya perubahan pola kepemimpinan dari sebelumnya pasif, perlu dirubah menjadi lebih aktif didalam merespon berbagai hal berkenaan dengan kesehatan, dimana kolaborasi dan kerjasama tim diharapkan terjadi.

Dan terakhir, peningkatan penata kelolaan program serta administrasi melalui cara sinergitas pusat dengan daerah. “Satu kesatuan siklus menajemen,” isi butir target yang kelima dimana hal itu dinyatakan meliputi rencana, anggaran, pelaksanaan, pantauan hingga evaluasi, serta pertanggungjawaban. (Fitrah Kemuningtyas – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...