Home > Otomotif > Mobil > Begini Cara Sederhana Untuk Hindari Mesin Rewel Pada Mobil Diesel

Begini Cara Sederhana Untuk Hindari Mesin Rewel Pada Mobil Diesel

Jakarta – Bagi para pengguna mobil, baik mesin bensin maupun diesel, pasti akan merasakan kejengkelan yang sama bila tiba-tiba mesin mobil rewel di tengah jalan, padahal pada saat itu tengah dikejar waktu.

Begini Cara Sederhana Untuk Hindari Mesin Rewel Pada Mobil Diesel

Karena itu, untuk menghindari kejadian seperti itu para pengguna mobil, khususnya mobil mesin diesel, agar melakukan perawatan mesin sehingga mesin mobil tetap prima dan terhindar dari mogok.

Pada mobil mesin diesel, ada cara sederhana untuk melakukan perawatan mesin setiap harinya, yaitu dengan melakukan pemanasan mesin setiap akan dipakai, namun dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan.

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ucap Anjar Kisworo, Service Departemen Head Astra Isuzu, Senin (26/9/2016).

Memanaskan mobil diesel cukup dilakukan maksimal selama lima menit sebelum digunakan agar pelumas dapat melindungi mesin dari gesekan selama dalam perjalanan. Tidak perlu terlalu lama karena mobil telah dilengkapi dengan sensor tambahan sehingga suhu optimal dapat cepat tercapai.

“Jika terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya efek gas buang knalpot yang berbahaya untuk kesehatan, apalagi dilakukannya di dalam garasi rumah,” ucap Anjar.

Selain cara sederhana tersebut, harus juga dilakukan pengecekan secara berkala terkait ketinggian oli dan cairan pendingin mesin yang sesuai standar pabrikan. Bila semua itu telah dilakukan dengan baik dan teratur maka mesin rewel juga dapat dihindari.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ferrari 275 GTB/4 Ini Dibanderol Hingga Rp 34 Miliar

Ferrari 275 GTB/4 Ini Dibanderol Hingga Rp 34 Miliar

London – Para kolektor selalu membutu mobil Ferrari klasik di ajang lelang. Sebab, mobil tersebut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis