Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Manfaat Minyak Esensial Lavender Bagi Kesehatan

5 Manfaat Minyak Esensial Lavender Bagi Kesehatan

Jakarta – Lavender pada umumnya diolah menjadi minyak esensial yang paling banyak digunakan di dunia sebagai aromaterapi.

5 Manfaat Minyak Esensial Lavender Bagi Kesehatan

Selain sebagai aromaterapi, lavender ternyata juga berkhasiat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, antara lain untuk mengurangi kecemasan dan stres emosional, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan kualitas tidur, mencerahkan kulit, memperlambat penuaan, hingga meredakan sakit kepala.

Berikut khasiat minyak esensial lavender seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (24/12/2016):

1. Antioksidan

Racun, bahan kimia, dan polutan adalah faktor yang berkontribusi menyebabkan kerusakan pada tubuh. Di sinilah antioksidan diperlukan untuk menangkalnya.

Pada dasarnya, tubuh telah menciptakan antioksidan secara alami. Namun, terkadang jumlah radikal bebas yang cukup banyak membuat Anda harus mengonsumsi suplemen tambahan. Untungnya, banyak bahan alami yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, contohnya lavender. Peneliti di Tiongkok menemukan, minyak esensial lavender membantu tubuh memproduksi jenis zat antioksidan terbaik, yakni glutathione, katalase, dan SOD.

Begitu juga dengan studi yang dilakukan peneliti Rusia, menemukan bahwa menghirup uap lavender membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.

2. Mencegah diabetes

Ilmuwan di Tunisia meneliti manfaat lavender pada 2014, dan menemukan bahwa lavender menunjukkan khasiat untuk mencegah gejala yang merujuk pada penyakit diabetes, yakni peningkatan glukosa darah, gangguan metabolisme, kenaikan berat badan, dan kondisi dimana radikal bebas mencuri molekul lemak yang diperlukan membran sel.

3. Meningkatkan suasana hati dan kinerja otak

Penelitian tahun 2013 menunjukkan minyak esensial lavender dapat melindungi otak dari kerusakan saraf. Secara tradisional, lavender telah digunakan masyarakat di beberapa negara untuk mengobati masalah neurologis seperti migrain, stres, kecemasan, dan depresi.

Positifnya, tidak ada efek samping berbahaya dalam penggunaan lavender untuk menyembuhkan insomnia, kecemasan, dan depresi. Ini tentu menjadi alternatif yang baik mengingat salah satu produk farmasi seperti prozac memberi efek samping yang berbahaya.

Masih berdasarkan penelitian, studi yang dipublikasikan tahun 2012 menganalisis perempuan dengan risiko tinggi gangguan postpartum. Hasilnya, menghirup lavender menjadi terapi efektif yang secara signifikan mampu menurunkan risiko tersebut.

4. Mempercepat pemulihan sariawan

Memiliki sifat antimikroba, sari lavender yang dicampur ekstak lidah buaya dapat mempercepat pemulihan sariawan dan mengurangi efek buruk sengatan matahari pada kulit.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

5. Meredakan sakit kepala

Sebuah penelitian yang diterbitkan European Journal of Neurology, menghirup ekstrak lavender selama 15 menit mampu menurunkan rasa sakit secara signifikan.

Tahun lalu, Jurnal Phytomedicine menerbitkan studi yang menyebut menghirup ekstrak lavender mampu menurunkan stres oksidatif pada penderita demensia. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Syaraf Kejepit Dapat Diatasi Dengan Metode Ini Hanya Dalam Waktu 45 Menit

Syaraf Kejepit Dapat Diatasi Dengan Metode Ini Hanya Dalam Waktu 45 Menit

Jakarta – Gangguan syaraf kejepit memang sangat menggangu karena terasa nyeri seperti ditusuk jarum di ...