Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Wow, Ganja dan Amnesia Ternyata Memiliki Keterkaitan

Wow, Ganja dan Amnesia Ternyata Memiliki Keterkaitan

Jakarta – Sudah sejak dulu, penggunaan marijuana atau ganja diduga memiliki kaitan dengan amnesia atau hilang ingatan. Baru-baru ini, hasil sebuah studi berhasil memberikan penjelasan terkait hal itu.

Wow, Ganja dan Amnesia Ternyata Memiliki Keterkaitan

Sebagaaimana diberitakan Medical News Today pada Minggu (13/12/2016), Studi yang dikepalai Dr. Giovanni Marsicano dari University of Bordeaux tersebut menemukan bahwa cannibinoid, senyawa kimia yang dimiliki ganja dapat mengaktifkan reseptor mitokondria pada pusat ingatan otak dan menyebabkan amnesia.

Berdasar data yang dimiliki oleh National Institute on Drug Abuse (NIDA), setidaknya terdapat 100 jenis cannabinoid pada tanaman ganja, termasuk di antaranya psikoaktif delta-9-tetrahydrocannabinol (THC).

Cannabinoid ini memiliki struktur yang serupa dengan cannabinoid yang secara natural diproduksi oleh tubuh seperti anandamide.

Cannabinoid natural sendiri berfungsi sebagai neurotransmitter yang mengirimi sinyal antara sel saraf atau neuron, yang mempengaruhi berbagai area otak, termasuk bertanggungjawab atas emosi, pergerakan, koordinasi, persepsi pancaindera, ingatan dan kemampuan berpikir.

Karena THC dan cannabinoid dari ganja dan bentuk sintesis lainnya serupa dengan cannabinoid natural, mereka memiliki kemampuan untuk menyatu dengan receptor cannabinoid yang terletak pada neuron dan menghidupkan beberapa area pada otak

Sebagai hasilnya, cannabinoid dapat mengubah fungsi otak normal dan menyebabkan beberapa perubahan negatif terhadap mental dan fisik. Salah satunya fungsi hippocampus, bagian otak yang bertanggungjawab dalam pembentukan memori. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Jakarta – Proses penuaan secara umum akan dimulai ketika dirinya menginjak usia 30 tahun. Sistem ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis