Home > Teknologi > Internet > Menkominfo Klaim Indonesia Sudah Bebas Ransomware WannaCry

Menkominfo Klaim Indonesia Sudah Bebas Ransomware WannaCry

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengklaim jika Indonesia sudah bebas dari virus ransomware WannaCry. Virus tersebut sebelumnya dikabarkan telah menginfeksi setidaknya 200 ribu komputer di seluruh dunia.

Menkominfo Klaim Indonesia Sudah Bebas Ransomware WannaCry

Rudiantara

“Boleh dikatakan hari ini sudah tidak ada isu lagi mengenai WannaCry, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia,” ujarnya di sela Asia Pacific Satellite Communications System International Conference (APSAT) 2017 di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/5/2017).

Rudiantara berpendapat, virus yang terpapar melalui jaringan data atau internet tersebut tidak berdampak signifikan di Indonesia lantaran tangkasnya pencegahan yang dilakukan yakni memutus hubungan internet dan membuat salinan data cadangan (back up).

“Nah banyak yang melakukan ini, masuk kantor cabut kabelnya, matikan WiFi dan LAN kemudian secepatnya back up data dan unduh antivirus jadi langsung terproteksi,” katanya.

Rudiantara pun mengaku meski masih ada pihak terinfeksi WannaCry yang hingga saat ini belum bisa membuka data, namun jumlahnya tidak signifikan.

Terlebih, komputer yang terinfeksi WannaCry di Indonesia masih kategori puluhan, berbeda dengan yang terjadi di Eropa atau belahan dunia lain seperti Inggris, Rusia, serta China.

Baca juga: Taklukkan WannaCry, Pria 22 Tahun Ini Banjir Tawaran Pekerjaan

“Kita tahu Rumah Sakit Dharmais (kena) tapi tidak seluruhnya. Ada juga Samsat di luar Jawa, di Sulawesi, juga ada perusahaan perkebunan dan manufaktur. Tapi hanya puluhan komputer dari mereka dan satu perusahaan mungkin tidak lebih dari 10 unit,” pungkas Rudiantara. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Caci Maki Polisi Dengan Kata Kotor, Netizen Kecam Ulah Pria Ini

Caci Maki Polisi Dengan Kata Kotor, Netizen Kecam Ulah Pria Ini

Jakarta – Pada hari senin (11/09/2017) pagi terjadi sebuah peristiwa yang menghebohkan baik di dunia ...