Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Plank Rutin Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Plank Rutin Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Jakarta – Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Dari sekian banyak olahraga, plank adalah jenis olahraga yang sering dilakukan, terutama bagi kaum hawa.

Plank Rutin Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Plank

Olahraga yang praktis dilakukan dimanapun dan tidak membutuhkan alat tambahan tersebut tak hanya menyehatkan badan, namun juga memiliki banyak manfaat lain. Apa sajakah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (10/6/2017):

1. Otot inti menguat

Jika melakukan plank setiap hari, otot inti utama akan terbentuk seperti otot lurus, melintang, dan miring. Menguatkan otot inti membantu mengecilkan pinggang.

2. Menurunkan berat badan

Olahraga plank membakar lebih banyak kalori dibandingkan olahraga tradisional lain, terutama pada mereka yang kurang gerak. Jika Anda menyempatkan diri ber-plank setiap hari, maka metabolisme akan meningkat bahkan saat Anda tidur.

3. Memperkuat bagian tulang punggung

Plank memperkuat otot tulang punggung tanpa membuat tegang bagian tersebut. Selain itu, nyeri punggung akan berkurang bila Anda rajin melatih bagian tersebut.

4. Memperbaiki postur tubuh

Jika Anda rajin plank, tanpa Anda sadari, postur tubuh akan membaik terutama saat berjalan dan duduk. Hal ini dikarenakan plank menguatkan beberapa bagian terutama otot pada punggung, bahu, leher, dan dada.

5. Keseimbangan semakin baik

Keseimbangan tubuh dipengaruhi oleh otot perut. Rajin melakukan plank akan membuat keseimbangan semakin mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang tengah mengikuti yoga.

Baca juga: Bawang Merah Terbukti Ampuh Lawan Kanker

6. Mengurangi stres

Plank meregangkan dan merilekskan otot yang kaku karena stres. Olahraga tersebut memengaruhi sistem saraf dan membantu melawan stres jika rutin dilakukan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kandungan Antioksidan di Kulit Pisang Lebih Tinggi Dibanding Buahnya

Kandungan Antioksidan di Kulit Pisang Lebih Tinggi Dibanding Buahnya

Jakarta – Dunia penelitian baru-baru ini berhasil menemukan kesimpulan bahwa kulit pisang ternyata memiliki kandungan ...