Home > Ragam Berita > Internasional > Warga Jepang Dikejutkan Dengan Melesatnya Rudal Korut di Atas Wilayah Hokkaido

Warga Jepang Dikejutkan Dengan Melesatnya Rudal Korut di Atas Wilayah Hokkaido

Tokyo – Warga Jepang, khususnya di Pulau Hokkaido dikejutkan dengan peringatan J-Alert Jepang yang menyarankan penduduk di wilayah utara Jepang untuk tetap tenang dan melakukan tindakan pencegahan, pasca melesatnya rudal Korea Utara melewati Hokkaido pada Selasa (29/8/2017) pagi pukul 06.00 waktu setempat.

Warga Jepang Dikejutkan Dengan Melesatnya Rudal Korut di Atas Wilayah Hokkaido

Menurut laporan The Guardian, rudal tersebut akhirnya pecah menjadi tiga bagian dan jatuh di sisi timur laut Hokkaido di Samudera Pasifik.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) mengatakan, pihak Korsel dan AS sedang menganalisa peristiwa meluncurnya rudal melewati wilayah Jepang itu.

Pemerintahan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe langsung melakukan penyelidikan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keselamatan warganya.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan bahwa peluncuran rudal Korut tersebut merupakan “ancaman keamanan yang genting dan serius” ke Jepang.

Banyak pengamat yang kemudian menghubungkan antara peluncuran rudal itu dengan dilakukannya latihan militer bersama antara AS, Korsel dan sejumlah kecil personil dari negara lain, termasuk Australia dan Jepang.

Meskipun pihak Seoul dan Washington menegaskan bahwa latihan tersebut hanya sebagai kesempatan untuk mengetahui dan memperbaiki pertahanan mereka, namun Pyongyang menganggapnya sebagai gladi resik untuk perang melawan Korut.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Komjen Syafruddin Pastikan Polri Kini Punya Alat Canggih Untuk Cegah Terorisme

Komjen Syafruddin Pastikan Polri Kini Punya Alat Canggih Untuk Cegah Terorisme

Jakarta – Pasukan Residen Khusus (Densus) 88 Anti Teror telah berhasil mengamankan empat terduga teroris ...