Home > Ragam Berita > Nasional > Demokrat Tampik Tuduhan Telah Palsukan Sipol

Demokrat Tampik Tuduhan Telah Palsukan Sipol

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina PartaiDemokrat, Agus Hermanto membantah tudingan partainya melakukan manipulasi data di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Demokrat Tampik Tuduhan Telah Palsukan Sipol

Demokrat

Demokrat, kata dia, telah tiga kali mengikuti pemilihan umum. Sehingga ia meyakini seluruh persyaratan sebagai partai peserta pemilu telah dipenuhi.

“Kami sudah tiga kali (menjadi peserta pemilu) itu kan sudah merupakan suatu jaminan bahwa semua struktur pasti sudah lengkap. Dan Sipol pasti tentunya tidak mungkin dipalsukan,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Di samping itu, Demokrat menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah pihak yang memiliki kewenangan terkait dokumen persyaratan pengajuan partai peserta pemilu.

Sehingga jika Partai Idaman ingin mengajukan protes seharusnya dilayangkan kepada KPU atau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Misalnya soal kenapa mereka belum diterima sebagai partai peserta pemilu. Adapun terkait tudingan Idaman bahwa kepengurusan Demokrat belum lengkap di beberapa kabupaten dan kota, Agus membantahnya.

Dia meyakini kepengurusan Demokrat sudah memenuhi seluruh persyaratan dan Demokrat siap jika diminta membuktikannya. “Yakin itu lengkap karena buktinya sudah tiga kali kami menjadi partai politik peserta pemilu kok,” ucap Wakil Ketua DPR RI itu.

Baca juga: Bareskrim Tegaskan Ada 32 Akun Medsos Sebar Meme Setya Novanto

Kuasa Hukum Partai Idaman Heriyanto menyampaikan, terjadi manipulasi data di dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) oleh sejumlah partai politik (parpol) yang telah dinyatakan memenuhi dokumen persyaratan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut dia, hal ini sangat tidak adil bagi parpol-parpol lain yang berusaha mengisi data ke Sipol sesuai dengan peraturan perundang-undangan. (Tita Yanuatari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Rizieq Dipastikan Absen di Aksi Bela Palestina

Habib Rizieq Dipastikan Absen di Aksi Bela Palestina

Jakarta – Ormas Front Pembela Islam (FPI) dipastikan akan menghadiri aksi bela Palestina yang akan ...