Home > Ragam Berita > Nasional > Tito Karnavian Akui KBB Punya Kekuatan yang Luar Biasa

Tito Karnavian Akui KBB Punya Kekuatan yang Luar Biasa

Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengakui anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua menguasai medan dan memiliki kekuatan fisik tangguh.

Tito Karnavian Akui KBB Punya Kekuatan yang Luar Biasa

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

“Mereka menguasai medan, fisik mereka terbiasa di ketinggian juga. Itu ketinggian kan hampir 2.000 mdpl mungkin, cukup berat di sana,” kata Jenderal Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Dia menambahkan jumlah pasukan TNI dan Polri yang ditugaskan untuk mengamankan lokasi penyanderaan dinilai sudah mencukupi. Menurutnya, situasi yang terjadi di Kampung dan Kimbely, Distrik Tembagapura tersebut layak disebut sebagai penyanderaan.

“Katanya tidak disandera, tetapi apa istilahnya untuk menggantikan situasi dimana masyarakat tidak boleh keluar dari situ dengan ancaman. Cuma bedanya tidak diikat tangan kakinya, sama saja dalam bahasa hukum itu namanya penyanderaan, perampasan kemerdekaan, tidak memperbolehkan orang lain untuk melakukan mobilitas sebebas-bebasnya, sekeinginan dia, sekehendak dia. Itu namanya perampasan kemerdekaan,” kata dia.

Baca juga: Beberapa Ketua DPP Golkar Berharap Setya Novanto Tidak Diganti

Dalam usaha untuk mengakhiri situasi tersebut, Satgas gabungan Polri-TNI berusaha sekuat tenaga untuk melakukan langkah persuasif. Ia berusaha agar penyanderaan dapat berakhir tanpa ada korban dari pihak manapun.

Meskipun demikian, Polri akan melakukan tindakan tegas jika segala langkah persuasif tidak berhasil. “Kalau cara persuasif tidak bisa dilakukan dan buntu, maka tidak mungkin akan kami diamkan. Negara tidak boleh kalah,” katanya.

Dia mengingatkan tindakan tegas dapat menimbulkan risiko yaitu jatuhnya korban. Meskipun demikian jika hal tersebut jadi dilakukan, pihaknya akan berusaha memperkecil jumlah korban. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dalam Aksi Bela Palestina, Habib Rizieq Ikut Berorasi

Dalam Aksi Bela Palestina, Habib Rizieq Ikut Berorasi

Jakarta – Pada Minggu, (17/12/2017) hari ini, Masyarakat berbondong-bondong datang ke Monas, Jakarta, untuk melakukan ...