Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Berencana Gusur Sejumlah Rumah di Bantaran Kali Pulo

Anies Berencana Gusur Sejumlah Rumah di Bantaran Kali Pulo

Jakarta – Sejumlah rumah yang berada di bantaran Kali Pulo, Jati Padang, Jakarta Selatan, rencananya akan dipindahkan. Pasalnya rumah-rumah tersebut telah menghambat aliran air kali sehingga menyebabkan banjir. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies Berencana Gusur Sejumlah Rumah di Bantaran Kali Pulo

Anies Berencana Gusur Sejumlah Rumah di Bantaran Kali Pulo

“Itu kalinya hilang, sungainya hilang. Kita jalan menyusuri sungai bukan menyempit, tapi hilang. Jadi di atas sungai itu ada rumah-rumah,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Anies mengakui bahwa jalan sungai saat ini sudah tertutup sebesar 100 persen. Pasalnya lebar sungai saat ini sudah tinggal satu meter. Namun sayangnya Anies tidak menjelaskan secara detail berapa lebar awal dari sungai tersebut.

Baca juga : Anies Heran Ada Pemukiman Warga di Atas Kali Pulo

“Jadi tadi saya temui beberapa warga yang kebetulan rumahnya tepat di pinggir sungai. Saya bicara, ibu harus geser. Tidak mungkin tidak karena rumah ibu sudah menghalangi aliran sungai,” jelasnya.

Akan tetapi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu tidak menyebutkan bahwa seluruh rumah harus dipindahkan. Ia hanya meminta kepada warga yang rumahnya tepat berada diatas kali tersebut kali digeser sedikit sehingga diatas jalan sungai dan kali bersih dari rumah warga.

“Tiap rumah beda-beda. Ada rumah yang panjang, sehingga enggak perlu pindah. Cuma mundur. Ada yang memang rumahnya mepet sekali dan enggak ada belakangnya. Nah itu mungkin harus pindah,” tutur dia.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, menteri-menteri yang maju sebagai calon anggota legislatif ...