Home > Teknologi > Internet > Simak, Begini Cara Kirim Uang Lewat WhatsApp

Simak, Begini Cara Kirim Uang Lewat WhatsApp

Jakarta – Teknologi yang disediakan semakin lama semakin canggih. Salah satunya fitur dalam aplikasi WhatsApp dimana sudah mulai menyediakan fitur pembayaran digital dalam layanan pesan singkatnya.

Simak, Begini Cara Kirim Uang Lewat WhatsApp

Simak, Begini Cara Kirim Uang Lewat WhatsApp

Dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (13/02/2018), fitur terbaru itu diberi nama “WhatsApp Payments”. Sayangnya fitur terbaru ini masih baru diuji coba di Negara India dimana khusus bagi pengguna yang sudah tergabung dalam program beta.

Kabar terkait adanya fitur terbaru dari WhatsApp ini memang sudah beredar semenjak bulan Januari yang lalu. Namun rencananya fitur tersebut baru akan mulai diterakan pada bulan Februari ini. Meski begitu, masih belum diketahui secara pasti tanggal peluncuran fitur tersebut.

Mekanisme dari WhatsApp Payments sendiri menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Pembayaran antarmuka ini telah memfasilitasi transaksi lintas bank di India, beberapa di antaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

WhatsApp sendiri sudah mendapatkan ijin untuk menggunakan sistem UPI dari Pemerintah India sejak Juli 2017 silam. Proses pengembangan selama lebih kurang setengah tahun akhirnya membuahkan hasil.

Baca juga : Facebook Mencatat Akun Palsu Paling Banyak Ada di Indonesia

Lantas bagaimana cara penggunaan dari fitur terbaru ini ? Untuk sementara ini transaksi uang masih dapat digunakan oleh antar-pengguna alias peer-to-peer.

Pertama-tama, dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS ataupun Android. Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll.

Pilih kontak yang hendak Anda kirimi uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang Anda akan terkirim secara virtual. Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta memverifikasi nomor seluler.

Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika Anda tak punya akun UPI, WhatsApp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Terakhir, semua transaksi yang dilakukan lantas akan direkam pada opsi history WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur ini dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika diresmikan untuk publik.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

UAS Dipersilakan Lapor Polisi bila Mendapat Ancaman dan Intimidasi

UAS Dipersilakan Lapor Polisi bila Mendapat Ancaman dan Intimidasi

Jakarta – Ancaman dan intimidasi terhadap Ustaz Abdul Somad yang berakibat dibatalkannya rangkaian tausiyah di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135