Home > Gaya Hidup > Tips > Puasa Senin-Kamis Ternyata Berdampak Positif bagi Tubuh

Puasa Senin-Kamis Ternyata Berdampak Positif bagi Tubuh

Jakarta – Peyanyi ternama seperti Beyonce kerap berbicara soal rencana untuk puasa berkala. Puasa berkala atau puasa berselang-seling ini demi mendapatkan tubuh bugar. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang melakukan metode puasa ini, seperti misalnya puasa Senin-Kamis.

Puasa Senin-Kamis Ternyata Berdampak Positif bagi Tubuh

Ilustrasi

Puasa berkala rata-rata dilakukan sampai 16 jam. Selama waktu berpuasa tersebut, tubuh mengalami perubahan. Perubahan tubuh dan otak saat puasa berkala disampaikan ilmuwan saraf terkemuka, Mark Mattson dari National Institute, sebagai berikut:

Saat makan, Anda menyimpan sebagian energi di hati dalam bentuk glikogen. Tapi setelah 10-12 jam tidak makan, cadangan glikogen akan sangat rendah. Akibatnya, Anda mungkin merasa lebih mudah tersinggung daripada biasanya. Istilah ini disebut hangry (hungry + angry).

Tubuh juga melepaskan lemak ke dalam aliran darah. Sel lemak langsung menuju ke hati, yang akan diubah menjadi energi untuk tubuh dan otak. Jadi, Anda membakar lemak untuk bertahan hidup sebagaimana diberitakan Business Insider pada Minggu (18/2/2018).

Sampel darah menunjukkan, orang yang berpuasa selama 12-24 jam mengalami peningkatan 60 persen energi dari lemak. Perubahan terbesar terjadi setelah 18 jam.

Ini adalah keuntungan untuk puasa berkala karena menempatkan tubuh dalam keadaan ketosis–kondisi hati manusia memproduksi “keton” untuk digunakan sebagai bahan bakar energi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Air Tajin Memiliki Kkandungan untuk Kesehatan Bayi

Air Tajin Memiliki Kandungan untuk Kesehatan Bayi

Jakarta – Saat bayi telah mencapai usia 6 bulan, sudah saatnya dia diberi makan pendamping ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135